Mengapa Pemilik Golongan Darah AB Sangatlah Langka di Dunia Ini?

DokterSehat.Com – Jika kita mau mencermati, stok darah dengan golongan AB cenderung jauh lebih sedikit dibandingkan dengan stok darah dari golongan lainnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika stok darah AB memang cenderung paling sedikit di berbagai instansi kesehatan karena memang pemiliknya cukup langka di dunia ini, yakni hanya sekitar 4 persen penduduk dunia. Sebuah pertanyaan pun muncul, mengapa hanya ada sedikit orang yang memiliki golongan darah ini?

doktersehat-Polisitemia-Vera-sumsum-darah-thalassemia-hemofilia-B-bekuan-darah

Pakar kesehatan menyebutkan jika dalam dua atau tiga tetes darah, kita bisa menemukan sekitar satu juta sel darah. Biasanya, sel darah merah lebih mudah ditemukan jika dibandingkan dengan sel darah putih dengan perbandingan 600 banding 1. Pada setiap permukaan sel darah merah, ada semacam protein yang terikat dengan karbohidrat sebagai penanda sel darah merah yang disebut sebagai antigen. Antigen inilah yang kemudian diklasifikasikan dalam 8 golongan darah yakni A, B, AB, dan O dengan dua jenis; positif dan negatif.

Penelitian pun dilakukan oleh Stanford School of Medicine untuk mencari tahu sebenarnya seberapa banyak orang yang memiliki golongan-golongan darah tersebut. Dari penelitian ini, diketahui jika golongan darah AB positif hanya dimiliki oleh 3,4 persen orang dan golongan darah AB negatif hanya dimiliki oleh 0.4 persen masyarakat. Hal ini sangat kontras dari golongan O positif yang dimiliki oleh 37,4 persen masyarakat atau bahkan golongan B positif yang bahkan masih dimiliki oleh 8,5 persen masyarakat.

Pakar kesehatan menyebutkan jika memang secara genetik manusia sulit untuk menghasilkan keturunan dengan golongan darah AB. Kita membutuhkan orang tua dengan golongan darah A dan juga golongan darah B agar bisa menghasilkan keturunan dengan golongan darah AB. Padahal, pemilik golongan darah ini cenderung tidak sebanyak golongan darah O, sehingga kombinasi ini cenderung sangat jarang terjadi dan pemilik darah AB pun sangat sedikit di dunia.

Baca Juga:  Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

Beruntung, meskipun langka, pemilik golongan darah AB positif memiliki banyak keuntungan berupa Ia mampu menerima semua golongan darah andai membutuhkannya sehingga Ia pun tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pertolongan yang mendesak saat dibutuhkan.