Mengapa Pekerja Kantoran Berpotensi Mengalami Kegemukan?

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan mereka yang bekerja di lapangan, mereka yang bekerja di balik meja atau pekerja kantoran justru memiliki resiko yang cukup tinggi untuk mengalami masalah kegemukan. Padahal, banyak orang memimpikan pekerjaan kantoran karena dianggap tidak akan terlalu menguras energi dan menawarkan penghasilan yang menjanjikan. Apa sajakah yang menyebabkan resiko mengalami kegemukan cukup tinggi bagi para pekerja kantoran?

doktersehat-gemuk-gendut-obesitas

Bekerja di balik meja berarti kita akan lebih sering berada dalam posisi duduk selama berjam-jam dan menatap layar komputer. Tanpa kita sadari, kita akan jarang melakukan aktifitas fisik selama jam kerja setiap hari. Pakar kesehatan sendiri berkata jika duduk yang terlalu lama ini menjadi alasan utama pekerja kantoran mudah mengalami kegemukan. Selain itu, kecenderungan para pekerja kantoran untuk kerap mengkonsumsi makanan baik itu sarapan, makan siang, hingga camilan di tempat kerja ternyata juga bisa memicu kegemukan semakin mudah menyerang. Tanpa disadari, pekerja kantoran akan mengkonsumsi makanan dengan melakukan kegiatan lain layaknya membaca berita pada layar komputer. Meskipun perut sudah cukup kenyang, adanya camilan yang dimakan berdekatan dengan jam makan tentu akan membuat resiko kegemukan semakin meningkat.

Bekerja di kantor tidaklah semenyenangkan banyak orang pikirkan. Sering sekali kita temui pekerja kantoran yang mengalami stress berat akibat beratnya tugas atau padatnya deadline pekerjaan. Stress akan memicu meningkatnya hormon kortisol yang bisa memicu pekerja kantoran semakin banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Jika pekerja kantoran menuruti hal ini, maka Ia pun banyak mengkonsumsi makanan atau minuman berasa manis dan memicu kenaikan berat badan dan resiko terkena diabetes tipe dua.

Beberapa faktor lain penyebab pekerja kantoran mudah gemuk adalah kecenderungan pekerja kantoran malas untuk bergerak, berjalan, dan juga naik tangga karena adanya sarana komunikasi canggih yang bisa dipakai untuk menghubungi teman kerja dengan mudah. Adanya lift juga akan cenderung membuat pekerja kantoran tidak banyak mengolah fisiknya sehingga Ia pun akan semakin meningkatkan resiko terkena kegemukan.