Mengapa Payudara Membengkak Saat Mulai Menyusui

DokterSehat.Com – Ibu-ibu modern kini banyak yang memperhatikan kesehatan bayi yang baru saja lahir. Banyak ibu-ibu yang membaca informasi tentang pentingnya ASI eksklusif bagi pertumbuhan bayi sehingga akan sebisa mungkin memberikan ASI bagi anaknya. Yang menjadi masalah adalah, memberikan ASI tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Kadang kala, susu tidak bisa keluar meskipun bayi sudah berusaha menyedot puting payudara sekuat mungkin. Payudara juga bisa mengalami lecet-lecet karena dipakai untuk menyusui. Selain itu, payudara juga bisa mengalami pembengkakan saat baru saja dipakai untuk menyusui sang buah hati.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Saat fase-fase awal menyusui, payudara akan segera memproduksi ASI dan membuatnya lebih penuh daripada biasanya. Kondisi inilah yang sering dianggap ibu muda sebagai pembengkakan payudara. Kadang kala, payudara akan terasa lebih keras dan terasa nyeri. Namun, hal ini ternyata adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Seiring dengan waktu dan ibu semakin terbiasa dengan kegiatan menyusui, payudara yang membengkak dan keras pun akan melunak dan akan membuat kenyamanan bagi ibu saat melakukan proses menyusui sang buah hati.

Pembengkakan pada fase awal menyusui bisa dianggap sebagai “kekagetan” pada area payudara yang tiba-tiba saja dipenuhi oleh ASI dan belum benar-benar bisa dikeluarkan secara sempurna. Hal inilah yang membuat banyak pakar kesehatan berkata jika sesegera mungkin bayi harus diberikan ASI agar payudara terbiasa untuk menyusui sang anak. Jika diperlukan, payudara yang kaya akan ASI juga bisa kita perah dengan alat khusus sehingga kita memiliki cadangan ASI atau kita berikan pijatan khusus sehingga payudara pun akan terasa lebih nyaman.

Payudara juga bisa dikompres agar pembengkakan bisa jauh berkurang dengan air hangat dan kita bisa mulai melakukan pemijatan pada sekitar payudara, tengkuk, hingga punggung, agar mendapatkan rasa yang lebih nyaman. Jika payudara belum bisa mengeluarkan ASI dengan lancar, usahakan payudara dipijat dengan lembut dan posisikan diri anda senyaman mungkin saat menyusui bayi sehingga ASI pun akan lebih lancar keluar dan pembengkakan pada payudara pun akan berangsur-angsur melunak.