Mengapa Pada Puting Pria Bisa Tumbuh Rambut?

DokterSehat.Com – Sebagaimana yang terdapat pada kaum hawa, pria juga memiliki puting pada bagian dadanya. Memang, puting pada pria tidak memiliki fungsi utama layaknya puting pada wanita yang akan sangat berguna untuk proses menyusui setelah melahirkan. Namun, puting pada pria juga memiliki keunikan tersendiri. Anda tentu pernah melihat pria yang tidak memakai baju dan terlihat pada putingnya tumbuh semacam rambut atau bulu-bulu halus. Sebenarnya, mengapa puting pria bisa ditumbuhi rambut?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Pakar kesehatan menyebutkan jika tumbuhnya rambut pada puting pria sebagai hal yang sangat normal. Bagaimana tidak, hampir di seluruh tubuh pria kita bisa menemukan kelenjar minyak dan folikel rambut, termasuk pada area putingnya. Beberapa area lain pada tubuh pria yang bisa ditumbuhi rambut selain puting adalah area perut yang membuat garis dari pusar hingga organ vitalnya. Satu hal yang pasti, pertumbuhan rambut pada area-area ini, termasuk puting, adalah hal yang sangat normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.

Hanya saja, ada beberapa kelainan pada tubuh manusia yang menyebabkan adanya pertumbuhan rambut pada beberapa bagian tubuh yang tidak dianggap normal. Sebagai contoh, terjadi masalah kesehatan hirsutisme yang merupakan kondisi dimana wainta mengalami pertumbuhan rambut yang sangat berlebihan. Hirsutisme sendiri termasuk dalam penyakit keturunan atau disebabkan oleh adanya penyakit sindrom ovarium polikistik.

Selain penyakit hirsutisme, terdapat pula fluktuasi hormon yang bisa menyebabkan tumbuhnya rambut pada beberapa anggota tubuh yang terkesan tidak normal. Sebagai contoh, pada kaum wanita yang mengalami fase kehamilan atau menopause, terjadi fluktuasi hormon yang bisa menimbulkan pertumbuhan rambut yang tidak normal. Selain itu, kaum pria yang mengkonsumsi beberapa obat tertentu juga bisa mendapatkan efek samping yang sama.