Mengapa Orang yang Lapar Cenderung Mudah Emosi?

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, saat perut kita sedang lapar, kita akan cenderung lebih mudah emosi atau lapar pada hal-hal yang sebenarnya sepele. Sebenarnya, apa sih kaitan antara rasa lapar dan kecenderungan untuk emosi ini?



Photo Credit: PDPics/ Pixabay

Collin Stuart dan Mun Keat Looi dalam bukunya yang berjudul “The Geek Guide to Life” menyebutkan bahwa orang yang lapar memang cenderung lebih agresif dan emosinya juga sangat kacau. Pendapat ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Brad Bushman dari Ohio State University pada tahun 2014 silam.

Dalam penelitian ini, 107 pasangan dilibatkan untuk mengetahui apa yang terjadi pada tubuh saat mengalami fenomena marah karena lapar. Para pasangan ini diminta untuk mengkonsumsi dua jenis minuman yang berbeda. Minuman pertama adalah yang manis dan minuman lainnya adalah minuman biasa yang tidak berasa namun difungsikan seperti placebo. Saat para pasangan ini mulai menunjukkan emosi karena perut lapar, mereka diminta untuk mengkonsumsi minuman tersebut. Hasilnya adalah, para partisipan yang mengkonsumsi minuman manis cenderung mulai bersikap lebih baik dalam mengendalikan emosinya dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi minuman biasa.

Bushman menyebutkan bahwa saat tubuh merasa lapar, maka kadar gula dalam darah juga cenderung rendah. Hal ini ternyata bisa mempengaruhi emosi kita menjadi tidak stabil. Jika kita tidak segera memenuhi tuntutan tubuh untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat kadar gula kembali normal atau lebih tinggi, maka emosi pada tubuh pun bisa menjadi semakin kacau.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita segera mengkonsumsi camilan atau makan saja jika mulai uring-uringan karena lapar.