Mengapa Orang Lanjut Usia Beresiko Sering Jatuh

DokterSehat.Com – Para orang lanjut usia biasanya akan mengalami penurunan fisik yang sangat signifikan sehingga mereka cenderung tidak bisa bergerak seleluasa layaknya saat mereka muda. Karena alasan inilah banyak orang tua yang disarankan untuk pensiun dan lebih menikmati hidup alih-alih melakukan banyak kegiatan yang memerlukan gerakan atau energi yang besar. Berkurangnya fisik para lansia juga beresiko membuat mereka mudah terjatuh. Terjatuh bagi para lansia bisa menjadi sangat berbahaya mengingat banyak dampak buruk pada fisik layaknya gegar otak, cedera, hingga tulang yang bergeser atau patah. Apa sajakah hal-hal yang juga membuat para lansia memiliki resiko lebih besar terjatuh?

doktersehat-menopause-hot-flashes

Para lanjut usia bisanya akan mengalami penurunan ketangkasan. Gerakan orang tua juga akan cenderung lebih lambat dan tidak lagi segesit di masa muda. Karena alasan inilah, orang tua cenderung akan memilih untuk tidak banyak beraktifitas. Otot-otot para lansia juga cenderung lebih lemah dan disertai dengan semakin menurunnya massa tulang pada tubuh, para lansia pun akan cenderung kesulitan mendapatkan keseimbangan dan kelenturan pada tubuhnya sehingga akan lebih mudah terjatuh meskipun hanya karena hal-hal yang sangat sepele. Selain karena faktor penurunan ketangkasan, penglihatan para lansia juga cenderung menurun dengan signifikan. Banyak para lansia yang mengeluhkan penyakit rabun atau katarak yang tentu akan mengurangi kemampuan mereka memperhatikan keadaan lingkungan sekitar sehingga akan mudah terjatuh.

Untuk menghindari para lansia, khususnya orang tua kita agar tidak mudah terjatuh, maka kita pun harus menyesuaikan tempat tinggal maupun lingkungan yang dihuni oleh orang tua sehingga mereka pun tidak akan mudah terjatuh. Sebagai contoh, rumah yang memiliki banyak tangga, lantai yang cenderung licin, hingga karpet yang mudah terlipat tentu akan menambah resiko para lansia mudah terjatuh. Cobalah atur rumah tinggal sedemikian rupa sehingga pergerakan orang tua menjadi lebih mudah dilakukan dan hindari penempatan secara sembarangan beberapa perabotan yang mudah menimpa atau menjatuhkan orang tua sehingga mereka pun akan jauh lebih aman bergerak dan beraktifitas.