Mengapa Orang Dewasa Masih Bisa Mengompol?

DokterSehat.Com – Mengompol adalah salah satu maalah yang sering ditemui pada anak kecil saat tidur malam. Biasanya hal ini disebabkan karena tubuh anak kecil yang belum terbiasa untuk menahan pipis saat tidur panjang. Memang, saat anak tumbuh dan berkembang, biasanya masalah mengompol ini bisa dengan sendirinya akan teratasi. Namun, beberapa orang dewasa ternyata masih bisa mendapatkan masalah mengompol saat tidur malam, meskipun biasanya hanya terjadi sesekali saja. Apa yang menyebabkan masalah mengompol pada orang dewasa?

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Mengompol pada orang dewasa sendiri tidak selalu berupa rembesan air seni pada celana dan juga kasur. Dalam beberapa kasus, orang dewasa hanya mengompol beberapa tetes air seni saja. Namun, hal ini tentu tetap disebut sebagai kasus mengompol. Memang, banyak lansia mengalami kondisi mengompol yang disebut sebagai urinary incontinence ini, namun, beberapa anak muda juga dapat mengompol karena beberapa sebab khusus, dan bahkan bisa terjadi saat tidak dalam kondisi tertidur melainkan saat tubuh masih terjaga.

Pernahkah anda ingin buang air kecil namun harus menahannya karena jauh dari toilet dan pada akhirnya anda menyerah dan mengompol? Hal ini biasanya terjadi karena tubuh anda mengalami urge incontinence yang berarti sulit menahan kencing. Kadang kala, anda sudah merasa ingin buang air kecil hanya dengan mendengar suara gemericik air atau meminum air. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh adanya ketegangan pada otot di kandung kemih dan juga adanya masalah saraf, otot, atau bahkan terjadinya peradangan. Jika kandung kemih terlalu aktif, anda juga bisa mengalami masalah sangat mudah untuk buang air kecil, meskipun volume air seni yang dikeluarkan cenderung sedikit. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktifitas normal anda karena harus tertunda oleh banyaknya buang air kecil. Stress juga bisa menjadi penyebab mengompol orang dewasa. Bersin dan batuk yang terlalu keras, atau bahkan saat anda kaget dan tertawa dengan sangat keras bisa memicu mengompol. Hal ini terjadi jika otot kandung kemih sangat lemah atau bahkan karena efek samping layaknya konsumsi obat darh tinggi. Kondisi ini disebut sebagai inkontinesa tipe stress.

Baca Juga:  Survei: Memakan Pizza Mampu Melenyapkan Stres

Jika anda mengalami masalah mengompol ini, ada baiknya anda memeriksakannya ke dokter. Memang, masalah mengompol tidak berbahaya bagi jiwa anda. Namun, ada baiknya anda menyembuhkan gangguan ini agar aktifitas harian anda dan juga kepercayaan diri anda tidak hancur berantakan hanya gara-gara masalah mengompol.