Mengapa Nyamuk Terkadang Hanya Menyerang Orang-Orang Tertentu Saja?

DokterSehat.Com – Kadangkala saat kita sedang berkumpul bersama dengan keluarga atau teman-teman, ada nyamuk yang hanya menyerang satu atau dua orang saja dan tidak menyerang orang lain. Kita pun kerap bercanda dengan berkata bahwa sang nyamuk mungkin sedang jatuh cinta dengan orang yang digigit saja. Namun, sebenarnya, adakah alasan yang menyebabkan nyamuk hanya menyerang orang-orang tertentu saja?

pic credit: Army Medicine

Pakar kesehatan dari ABC Australia bernama dr. Karl Kruszelnicki ternyata memiliki jawaban dari pertanyaan ini. Menurut beliau, ada banyak faktor yang memicu nyamuk cenderung tertarik dengan orang-orang tertentu saja, yakni faktor kimiawi dan reaksi dari tubuh kita saat digigit nyamuk. Untuk faktor pertama, yakni faktor kimiawi, nyamuk diketahui sangat menyukai karbondioksida dan juga panas tubuh. Saat nyamuk berada dekat dengan tubuh kita, maka Ia mampu merasakan senyawa yang muncul dari kulit yang bisa menentukan ketertarikan nyamuk untuk menggigit kita atau tidak. Senyawa kimia pada kulit kita ini bisa ditentukan oleh banyak hal, dari makanan, bakteri pada kulit, atau bahkan karena faktor genetik. Dr. Kruszelnicki menyebutkan jika sayangnya belum ada penelitian mendalam tentang senyawa kimia unik yang menarik perhatian nyamuk ini.

Faktor berikutnya adalah tentang bagaimana tubuh kita bereaksi pada gigitan nyamuk. Dr. Kruszelnicki menyebutkan jika gigitan nyamuk juga disertai dengan injeksi semacam protein pada kulit kita dan bagi sebagian orang, hal ini akan memicu reaksi dari sistem imun tubuh dimana kulit pun akan segera mengalami peradangan dan muncul bentol-bentol yang sangat gatal. Yang menarik adalah, ada sebagian orang yang tidak mengalami reaksi tersebut sehingga saat digigit nyamuk, Ia justru tidak akan mengalami benjolan atau gatal-gatal pada kulit. Jadi, bukannya Ia tidak mampu menarik perhatian nyamuk, bisa jadi Ia sebenarnya sudah digigit nyamuk namun tidak merasakannya saja.

Baca Juga:  Perlukah Tidur Siang Setelah Semalaman Kurang Tidur?

Melihat musim hujan sepertinya segera mencapai puncaknya, ada baiknya kita segera melindungi diri dari gigitan nyamuk dengan semakin menjaga kebersihan, memakai lotion nyamuk, atau menggunakan obat nyamuk agar lebih baik dalam menghindari berbagai macam penyakit layaknya demam berdarah, chikungunya, dan lain sebagainya.