Mengapa Nonton Acara Gosip Bisa Membuat Bahagia?

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, acara gosip, khususnya yang menceritakan kehidupan para selebritis cenderung diminati oleh banyak orang. Tak hanya acara televisi, akun-akun media sosial yang menceritakan kehidupan selebritis juga selalu dibanjiri komentar. Kebanyakan orang mengaku senang saat melihat acara gosip, khususnya jika mengetahui sesuatu yang menghebohkan dari selebritis. Sebenarnya, apa penyebab dari munculnya rasa senang saat melihat acara gosip ini?



Sebuah penelitian yang dilakukan di Shenzen University yang ada di Tiongkok dilakukan untuk mengetahui efek dari menonton acara gosip. Sejumlah pelajar pun dilibatkan dalam penelitian ini untuk dipindai otaknya saat sedang membaca berita gosip atau kabar tentang selebriti. Sebagai contoh, ada artikel seperti artis yang mengalami insiden kecelakaan atau kasus menyedihkan lainnya. Yang tidak disangka adalah, membaca berita negatif selebritis justru bisa memberikan sensasi kenikmatan pada otak.

Adam Perkins yang berasal dari King’s College, London, pun memberikan komentar mengenai hasil penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Social Neuroscience ini. Menurut Perkins, selebritis adalah orang-orang yang dicemburui karena mendapatkan kesuksesan yang jarang didapatkan kebanyakan orang. Karena alasan inilah saat mereka jatuh atau mengalami hal-hal yang tidak baik, banyak orang yang justru menikmatinya.

Perkins bahkan menyebutkan bahwa penelitian ini bisa lebih diperdalam untuk mengetahui apakah ada perubahan kepribadian atau karakter setelah membaca gosip tentang selebriti. Sebagai contoh, bisa jadi ada orang yang sebelumnya sedang bersedih namun begitu mengetahui berita kurang baik tentang selebritis akan merasa jauh lebih baik karena menganggap orang terkenal dan sempurna juga bisa mengalami nasib yang kurang menyenangkan.

Perkins berkata bahwa kemajuan teknologi sekarang ini membuat kita seakan-akan dekat dengan para selebritis atau orang terkenal lainnya sehingga kita seolah-olah merasa berkompetisi dengan mereka. Karena alasan inilah saat melihat adanya kegagalan atau kesialan yang dialami selebritis, kita merasakan kenikmatan atau kebahagiaan tersendiri.