Mengapa Nafas Saat Bangun Tidur Cenderung Lebih Bau?

DokterSehat.Com – Bau nafas yang tidak sedap tentu bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Beruntung, bau nafas bisa dihilangkan dengan rutin menyikat gigi atau obat kumur. Namun, ada sebuah waktu dimana kita biasanya akan mengalami bau nafas yang lebih tidak sedap, yakni pada saat kita bangun tidur. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari nafas yang tidak sedap saat kita bangun tidur?

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Pakar kesehatan F.L. Suarez melakukan sebuah penelitian akan hal ini dan hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Dental Research. Penelitian ini menyebutkan jika waktu bangun tidur memang membuat kita mudah terkena bau nafas yang tidak sedap mengingat selama kita tidur malam, mulut mengalami penurunan produksi air liur dengan signifikan. Mulut pun akan menjadi lebih kering dan tanpa adanya air liur yang bisa menahan pertumbuhan bakteri, maka bakteri anaerob pun akan berkembang dengan pesat. Andai kita tidak menyikat gigi dengan benar-benar bersih, maka bakteri yang berjumlah sangat banyak ini bisa menggerogoti sisa-sisa makanan yang terselip diantara gigi dan berbagai bagian mulut. Aktivitas bakteri inilah yang pada akhirnya memicu bau yang sangat tidak sedap.

Suarez menyebutkan jika proses pemecahan protein oleh bakteri pada sisa makanan di mulut saat bangun tidur akan menghasilkan gas sulfur. Hal ini akan membuat nafas menjadi lebih menyengat dari biasanya. Yang menarik adalah, kasus nafas yang berbau menyengat ini mengenai delapan dari sepuluh orang dewasa saat bangun tidur di pagi hari.

Beruntung, masalah nafas yang berbau menyengat saat bangun tidur ini bisa diatasi dengan selalu menyikat gigi sebelum tidur dan akan semakin baik jika kita berkumur dengan obat kumur. Selain itu, minumlah segelas air putih setelah bangun tidur karena hal ini akan secara efektif menurunkan kadar sulfur yang menyengat pada mulut.