Mengapa Mulut dan Tenggorokan Cenderung Kering Saat Bangun Tidur?

DokterSehat.Com – Saat kita bangun dari tidur, salah satu hal pertama yang akan kita lakukan adalah minum air putih. Kadangkala rasa haus bisa sangat terasa dan membuat tenggorokan laksana tercekat. Tak perlu khawatir, banyak orang yang juga mengalami rasa haus karena tenggorokan dan mulut yang sangat kering saat kita bangun tidur. Bahkan, pakar kesehatan pun sudah menemukan alasan mengapa mulut dan tenggorokan bisa sangat kering saat bangun tidur. Berikut adalah alasan-alasan tersebut.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Saat tidur malam, kita bisa menghabiskan waktu yang sangat lama untuk tidak mengkonsumsi air putih sama sekali. Coba anda bayangkan jika di siang hari anda tidak minum lebih dari enam jam. Anda tentu akan merasa sangat haus, bukan? Saat bangun tidur, tubuh akan mengalami dehidrasi, apalagi jika suhu udara di malam hari cenderung cukup panas sehingga kita tertidur dengan mengeluarkan banyak keringat. Saat bangun tidur inilah, tubuh memberikan sinyal pada kita untuk segera meminum air putih untuk memastikan bahwa tubuh akan terhidrasi dengan baik.

Saat tertidur, produksi air liur ternyata mengalami penurunan yang sangat drastis jika dibandingkan dengan saat kita terbangun di siang hari. Karena tidak adanya lagi air liur yang membasahi mulut dan juga tenggorokan, maka tentu akan sangat wajar jika kita merasa mulut dan tenggorokan sangat kering saat bangun tidur sekaligus mengeluarkan bau yang sanagt tidak sedap. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar kita tidak melewatkan sikat gigi sebelum tidur untuk meminimalisir hal ini.

Mereka yang mengalami kebiasaan mendengkur juga akan cenderung lebih mudah mendapati mulut dan tenggorokannya terasa sangat kering saat bangun tidur. Adanya getaran pada saluran pernafasan akibat adanya sumbatan saat tertidur dan dipadukan dengan minimnya pasokan air liur akan membuat tenggorokan sama sekali tidak terkena cairan apapun sehingga terasa sangat kering. Selain itu, jika kita menggunakan AC yang cenderung membuat suhu ruangan menjadi lebih kering ternyata juga bisa berimbas pada semakin keringnya mulut dan tenggorokan mengingat aliran udara yang kita hisap melalui pernafasan sangatlah kering dan mempengaruhi keringnya mulut dan tenggorokan saat kita bangun tidur.