Mengapa Menstruasi Bisa Datang Terlambat?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah yang sering menggangu kaum wanita adalah tidak teraturnya menstruasi. Menstruasi bisa saja datang lebih cepat dari jadwal normal atau bahkan bisa datang sangat terlambat hingga membuat rasa khawatir. Mengapa hal ini bisa terjadi?

doktersehat-mens-ovulasi

Hormon pada setiap wanita tidaklah sama sehingga kita bisa menemukan beberapa wanita yang sudah terbiasa mengalami menstruasi sangat terlambat layaknya hingga dua bulan sekali. Sebaliknya, ada beberapa wanita yang juga mengalami menstruasi dengan sangat cepat layaknya dua minggu sekali. Yang menjadi masalah adalah, kondisi tubuh wanita terkadang sedang dalam kondisi yang tidak sehat sehingga menstruasi bisa menjadi tidak normal dan berubah-ubah frekuensinya. Jika tubuh wanita sedang tidak dalam kondisi sehat, maka tubuh akan cenderung melepas sel telur dengan sangat lambat dan baru dilepas jika kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Dalam beberapa kasus, tubuh yang sakit dan dikombinasikan dengan konsumsi beberapa jenis obat ternyata bisa membuat siklus menstruasi menjadi kacau.

Menstruasi pada wanita sendiri terjadi jika tubuh menyelesaikan sebuah siklus dimana sel telur akan berada dalam masa subur dan kemudian telur tersebut dianggap sudah melewati masa subur sehingga harus dibuang melalui proses menstruasi. Menstruasi yang terlambat biasanya terjadi karena tubuh memang belum menyelesaikan siklus tersebut. Hal inilah yang membuat banyak wanita cenderung santai saat menghadapi menstruasi yang datang sangat terlambat. Disamping karena faktor siklus tubuh, kondisi pikiran wanita yang sedang stress, cemas, atau bahkan dalam keadaan sedih ternyata mampu membuat sel telur bertahan lebih lama sehingga akan membuat menstruasi datang dengan sangat terlambat. Kondisi pikiran yang negatif ternyata bisa membuat sel telur cenderung baru dilepas hingga pikiran wanita menjadi lebih stabil.

Baca Juga:  Dampak Buruk Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Dengan mengetahui penyebab di atas, kita tentu akan menjadi lebih tenang jika mengalami menstruasi yang datang sangat terlambat. Buatlah kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan bebas stress sehingga siklus menstruasi pun menjadi normal kembali. Hanya saja, jika menstruasi terasa sangat tidak normal, barulah anda bisa mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.