Mengapa Mata Bayi Bisa Sangat Lengket Saat Bangun Tidur

DokterSehat.Com – Para orang tua tentu akan melakukan semua hal yang dibutuhkan agar bayi bisa tetap dalam kondisi sehat dan perkembangan tubuhnya bisa sempurna. Sayangnya, sebagaimana manusia pada umumnya, bayi pun beresiko mendapatkan berbagai gangguan kesehatan yang tentu bisa membuat orang tua cemas. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada bayi adalah mata yang terlihat sangat lengket dan penuh akan kotoran yang berwarna agak kekuningan saat bangun tidur. Apakah hal ini berbahaya?

doktersehat-penyakit-jantung-bawaan-lahir-bayi

Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi ini tidaklah perlu dikhawatirkan dan bukan sesuatu yang serius. Namun, jika bayi mengalami mata lengket, maka kotoran pada mata bayi haruslah segera dibersihkan untuk menghindari infeksi. Kondisi mata lengket dengan kotoran kekuningan ini sendiri berasal dari kelenjar air mata pada bayi yang biasanya masih berukuran sangat sempit, khususnya pada bayi berusia sekitar enam bulan. Sempitnya kelenjar ini akan membuat penyumbatan pada air mata dan pada akhirnya membuat air mata terkumpul pada sudut mata dan mengering menjadi kotoran kekuningan yang membuat mata bayi terlihat sangat lengket. Untuk membersihkannya, kita bisa memakai kapas, cotton bud, hingga kain katun yang halus yang dibasahi air yang telah direbus dan didinginkan.

Kapas, cotton bud, atau kain katun halus bisa kita basahi pada air yang telah steril tersebut. Dengan alat-alat tersebut, kita secara perlahan usapkan pada mata bayi, khususnya pada sudut-sudut mata yang biasanya memiliki kotoran yang sangat banyak. Saat membersihkan mata bayi ini, ingatlah bahwa kepala bayi harus ditopang dengan baik sehingga air pun tidak akan menetes dan membasahi mata sang bayi yang tentu akan kurang baik bagi matanya.

Baca Juga:  Hati-Hati, Anak Yang Kurang Tidur Beresiko Tinggi Terkena Obesitas

Dalam beberapa kasus, mata bayi yang lengket bisa memicu kulit kemerahan pada area kelopak mata atau kulit pada sekitar mata. Bahkan, kotoran pada mata ini bisa terus muncul tanpa henti. Jika hal ini terjadi, kita tentu harus memeriksakan kondisi ini ke dokter terdekat mengingat bisa jadi mata sang bayi sudah mengalami infeksi yang harus segera diobati dengan perawatan medis yang tepat dan juga aman.