Mengapa Masih Lapar Meskipun Sudah Banyak Makan?

DokterSehat.Com – Makanlah saat tubuh kita sudah merasa lapar. Biasanya, saat kita bangun tidur atau saat menjelang malam dimana energi kita sudah habis untuk melakukan berbagai aktifitas akan membuat tubuh merasa sangat lapar dan membutuhkan asupan makanan sesegera mungkin. Uniknya, beberapa orang justru terus mengalami rasa lapar meskipun sudah mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang dikhawatirkan khususnya tentang adanya penyakit cacingan yang bisa memicu rasa lapar terus-menerus. Apa saja sebenarnya yang menyebabkan rasa lapar terus mendera meskipun kita sudah selesai makan?

doktersehat-lapar-tengah-malam

Jika anda makan tanpa adanya sayuran sebagai lauk, maka bisa jadi anda akan mudah merasa lapar kembali. Sayuran sendiri memiliki kandungan vitamin K yang dapat mengontrol kadar insulin dan mampu mengendalikan rasa lapar. Disamping itu, kandungan folat pada sayuran juga diyakini mencegah munculnya rasa kelelahan atau depresi. Pastikan bahwa anda memakan sayuran sehingga anda tidak mudah merasa lapar kembali.

Sering kali kita meminum minuman yang kurang sehat sebagai pedamping makanan kita. Beberapa jenis minuman layaknya minuman bersoda ternyata bisa menjadi penyebab munculnya rasa lapar kembali. Minuman bersoda yang cenderung manis biasanya memiliki kandungan fruktosa yang sangat tinggi dan bisa memicu otak memberikan sinyal lapar terus menerus. Disamping itu, jika minuman bersoda diminum bersama dengan makanan kalengan, maka anda pun bisa merasakan rasa lapar kembali setelah makan. Makanan kalengan sendiri memiliki kandungan bisphenol-A dan juga BPA yang ternyata bisa mempengaruhi hormon leptin, hormon yang memicu rasa kenyang menjadi tidak bekerja dengan benar sehingga rasa lapar pun akan terus menerus datang.

Dehidrasi ternyata bisa menjadi penyebab rasa lapar mengingat tubuh akan terus mengirim sinyal membutuhkan asupan saat kekurangan cairan tubuh. Pastikan bahwa tubuh tidak dalam kondisi kekurangan air minum setelah makan sehingga rasa lapar pun bisa ditunda hingga jam makan berikutnya. Anda juga bisa melihat beberapa makanan yang menggoda selera saat makan sehingga setelah makan akan muncul rasa puas sehingga bisa membuat rasa lapar bisa ditahan.