Mengapa Makan Secara Perlahan Bisa Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?

DokterSehat.Com – Salah satu pesan dari orang tua yang diingat cukup lama oleh anaknya adalah dengan mengunyah makanan dengan lebih pelan dan santai. Alasannya? Orang tua menganggap makanan yang lebih lama dikunyah akan lebih mudah ditelan dan mencegah kita terkena masalah tersedak. Dalam realitanya, pakar kesehatan juga akan menyarankan hal yang sama karena mengunyah makanan lebih pelan akan membantu proses pencernaan lebih baik dalam menyerap nutrisi makanan. Bahkan, pakar gizi dan diet juga menyarankan hal yang sama. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun terlihat sepele, mengunyah makanan lebih lama ternyata bisa membuat berat badan kita menjadi lebih ideal. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah makanan lebih pelan, kita akan lebih lama mempertahankan kondisi kenyang dan pada akhirnya tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini tentu akan berimbas positif bagi kita yang sedang menjaga berat badan, bukan?

Sebagai informasi, kebanyakan orang justru mengunyah makannya cukup cepat dan beberapa diantaranya bahkan menelannya begitu saja tanpa mengunyahnya. Padahal, hal ini kurang baik bagi tubuh karena sistem pencernaan bekerja dengan lebih berat dan nutrisi makanan tidak sempurna terserat sehingga kita pun mudah lapar dan tertarik untuk mengkonsumsi camilan tidak sehat pemicu masalah berat badan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengunyah makanan hingga 25 atau 50 kali. Meskipun terlihat sangat lama pada awalnya, namun lama-lama tentu kita akan terbiasa akan hal aini dan membuat kesehatan tubuh jauh lebih terjaga dan berat badan pun terlihat jauh lebih ideal. Dengan adanya fakta-fakta ini, tentu akan lebih baik jika memperbaiki cara mengunyah makanan lebih lama sehingga akan membuat berat badan kita tetap ideal.