Mengapa Luka Akibat Goresan Kertas Terasa Sangat Nyeri?

DokterSehat.Com – Apapun jenisnya, luka akan memberikan rasa nyeri bagi tubuh kita. Luka sendiri bisa muncul karena berbagai faktor, khususnya dikarenakan kecelakaan atau terkena benda-benda tajam saat melakukan berbagai aktifitas harian. Hanya saja, pernahkah anda mengalami luka yang disebabkan oleh goresan kertas? Meskipun terlihat sepele dan tidak akan menyakiti tubuh, dalam realitanya kertas yang kasar dan berujung tajam ternyata beresiko membuat luka gores, apalagi jika anda sering berurusan dengan file berisi kertas bertumpuk-tumpuk. Yang unik adalah, jika dibandingkan dengan luka lainnya, luka goresan akibat kertas justru terasa sangat nyeri. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c

Luka nyeri yang ada disebabkan oleh kertas seringkali mengenai jari tangan kita mengingat sebagian besar penyebab dari luka goresan ini terjadi saat jari-jari tangan kita menyentuh kertas. Jari sendiri adalah bagian tubuh yang memiliki reseptor ujung saraf bebas atau yang disebut sebagai nosireseptor yang jumlahnya jauh lebih besar jika dibandingkan bagian tubuh lainnya. Banyaknya jumlah nosireseptor ini akan membuat jari menjadi lebih sensitif dan juga bisa dipakai untuk merasakan banyak benda. Sayangnya, karena kelebihan inilah juga, jari akan terasa lebih nyeri jika terkena goresan, termasuk yang disebabkan oleh kertas.

Tanpa kita sadari, kertas yang terlihat sangat aman ternyata memiliki tepian yang tajam dan mudah merobek kulit. Bahkan, tepian kertas ini memiliki ketajaman layaknya gergaji tumpul sehingga kulit pun akan rusak dengan kasar dan meskipun terlihat dangkal, saraf-saraf pada jari juga akan ikut mengalami kerusakan sehingga rasa nyeri pun akan sangat terasa. Jika rasa nyeri karena luka lainnya akan segera menghilang, maka rasa nyeri karena tergores kertas justru akan terasa dalam waktu yang lama. Dalam beberapa kasus, darah pun akan cenderung lebih lama keluar sehingga rasa nyeri juga akan terasa lebih lama.

Baca Juga:  Kulit Berminyak Yang Berlebihan

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita harus berhati-hati saat berurusan dengan kertas agar tidak sampai terluka. Jika diperlukan, pakailah pelindung layaknya sarung tangan meskipun yang berbahan plastik dan tipis sehingga bisa menghindarkan luka goresan pada kertas yang cukup menyakitkan.