Ternyata Ini Jawaban Mengapa Lubang Hidung Ada Dua

hidung-berminyak-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com–¬†Salah satu indra tubuh yang paling penting adalah hidung. Tanpa adanya hidung, kita akan kesulitan mencium aroma atau menghirup udara segar yang sangat dibutuhkan untuk pernapasan. Pernahkah terpikir kenapa lubang hidung ada dua?

Jika kita cermati, lubang hidung kita ada dua meskipun fungsinya sama-sama sebagai gerbang dimana udara segar kita hirup. Menurut pakar kesehatan, hal ini disebabkan oleh fungsi lubang hidung kanan dan kiri yang ternyata memang berbeda.

Dilansir dari Live Science, hidung manusia memiliki kemampuan yang luar biasa, yakni mengenali lebih dari sekitar 1 triliun aroma yang berbeda. Hanya saja, untuk dua lubang hidung kita yang dalam dunia ilmiah disebut sebagai nostril ini, terdapat perbedaan fungsi yang cukup kentara.

Lubang hidung bagian kanan akan cenderung mengeluarkan udara dengan suhu yang lebih hangat jika dibandingkan dengan lubang hidung bagian kiri. Hal ini ternyata berpengaruh besar bagi proses pengeluaran zat asam pada tubuh.

Sementara itu, udara yang keluar dari lubang hidung sebelah kiri yang lebih dingin cenderung memengaruhi proses pengeluaran zat bersifat basa seperti alkali.

Hal yang menarik adalah jika salah satu lubang hidung kita mampet, maka hal ini akan mempengaruhi aktivitas otak. Sebagai contoh, jika kita hanya bisa bernapas dengan lubang hidung kiri, maka aktivitas otak bagian kanan akan terpengaruh dan sebaliknya.

Mengatur pernapasan dengan bernapas melalui salah satu lubang hidung ternyata juga bisa membantu proses penyembuhan penyakit. Sebagai contoh, jika kita lebih sering bernapas dengan lubang hidung bagian kanan, maka kita akan lebih baik dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan sakit kepala.

Sementara itu, bernapas dengan lubang hidung bagian kiri bisa menurunkan stres dan masalah insomnia atau susah tidur.