Mengapa Kutil Kelamin Bisa Tumbuh?

DokterSehat.Com – Pernahkah anda melihat sesuatu yang janggal layaknya kutil pada organ kelamin anda? Pakar kesehatan menyebut jika hal ini adalah tanda dari adanya kutil kelamin. Kutil kelamin sendiri ternyata cukup berbeda jika dibandingkan dengan kutil yang tumbuh pada kulit pada bagian tubuh lainnya. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika kutil kelamin ini termasuk dalam penyakit kelamin yang bisa menular. Lantas sebenarnya seperti apakah kutil kelamin ini dan apa dampaknya bagi kesehatan tubuh secara umum?

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Dr. Andi Darma Putra, SpOG, salah seorang dokter yang juga konsultan onkologi menyebutkan jika kutil kelamin ternyata disebbakan oleh semacam virus yang disebut sebagai human papilloma virus (HPV). Sebagai informasi, HPV juga bisa menyebabkan kanker serviks bagi kaum hawa. Namun, virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin adalah yang cenderung jinak dengan tipe 6 hingga 11. Proses penularan virus HPV ini sendiri kerap terjadi karena adanya kontak seksual langsung. Yang mengerikan adalah, seringkali mereka yang tertular penyakit HPV akibat berhubungan intim dengan orang lain tidak menyadari telah terinfeksi virus ini dan baru mendapatkan masalah kutil kelamin setelah beberapa bulan lamanya.

Kutil kelamin sendiri bisa ditemui pada bagian luar alat kelamin wanita. Namun, di area dalam layaknya leher rahim juga bisa ditemui masalah kesehatan ini. Selain itu, bagi kaum pria, kutil kelamin bisa muncul dia area penis dan biasanya bisa disertai dengan rasa gatal dan panas yang luar biasa. Meskipun penyakit ini tidak memicu kematian, namun banyak orang yang terbebani psikologisnya karena malu atau bahkan khawatir untuk berhubungan intim karena adanya penyakit ini.

Menurut dr Andi, penyakit kutil kelamin bisa disembuhkan, seperti dengan memakai operasi khusus untuk menanganinya. Sayangnya, kutil kelamin memiliki potensi untuk kambuh kembali, apalagi masih banyak orang yang mengadopsi gaya hidup yang kurang baik dan kurang bersih sehingga bisa memicu penyakit ini muncul.