Mengapa Kulit Kita Bisa Sangat Berminyak?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kulit yang sangat tidak diinginkan oleh siapapun, baik pria maupun wanita adalah masalah kulit berminyak. Memang, kulit membutuhkan minyak untuk menjaga kelembabannya, namun, dengan kulit yang berminyak dan berlebihan, maka wajah pun akan jauh terlihat kusam dan akan membuat muka kita mudah berjerawat. Apa sajakah penyebab dari masalah kulit berminyak ini?

doktersehat-makeup-wajah-wanita

Ahli dermatologist bernama Joshua Zeichner, M.D, dari Mount Sinat Medical Center, New York, menuturkan jika ada banyak sekali penyebab kulit bisa sangat berminyak. Faktor genetik menjadi salah satunya meskipun kini banyak produk yang diyakini bisa menurunkan produksi minyak pada kulit. Ia menekankan bahwa, tingkat stress dan depresi dari masyarakat modern bisa jadi menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak dari sebelumnya.

Tingkat tuntutan harian yang sangat tinggi bisa memicu seseorang terkena stress dan pada akhirnya membuat tubuh melepaskan hormon kortisol. Hormon kortisol sendiri bisa membuat tubuh menjadi lebih awas, fokus, dan waspada. Sayangnya, banyaknya hormon kortisol juga akan meningkatkan produksi minyak pada kulit sehingga muka anda pun bisa menjadi terlihat jauh lebih kusam dari sebelumnya. Selain itu, kondisi negara kita yang cenderung panas dan lembab juga bisa menyebabkan produksi minyak pada kulit sehingga kulit pun akan terlihat sangat kusam.

Bagi kaum hawa, kulit berminyak jelas akan berpengaruh besar pada tampilan wajah dan kepercayaan diri. Sayangnya, kulit yang berminyak bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat bagi kondisi kulitnya. Make-up ternyata bisa menutup kandungan minyak yang ada di dalam kulit dan pada akhirnya menyebabkan masalah jerawat atau peradangan. Selain itu, siklus menstruasi yang membuat hormon wanita mengalami perubahan juga bisa membuat penyumbatan pada pori-pori kulut dan membuat kulit menjadi lebih berminyak dan kusam.

Baca Juga:  Ngeri! Tangan Gadis Kecil Ini Bolong Akibat Digigit Laba-Laba Beracun

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak, pakar kesehatan menyebutkan jika pembersihan kulit harus menjadi prioritas sehingga masalah kulit ini bisa diselesaikan. Beberapa produk pembersih make-up atau pembersih muka harian dengan formula oil-free bisa dipakai untuk mengendalikan kadar minyak dalam kulit sehingga muka pun akan terlihat jauh lebih cerah dan cantik.