Mengapa Kulit Jari Menjadi Keriput Saat Berenang

DokterSehat.Com – Olahraga berenang adalah salah satu olahraga yang cukup mengasyikkan untuk dilakukan. Gerakan renang yang dilakukan di dalam air bisa sangat menenangkan pikiran sekaligus menyegarkan sehingga kita bisa melakukannya hingga berjam-jam lamanya. Sayangnya, tanpa kita sadari kulit pada tangan atau kita juga ikut mengalami keriput saat kita berenang terlalu lama. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-renang-olahraga

Beberapa orang berpikir jika saat kita berenang terlalu lama, maka air dari kolam renang akan terserap oleh lapisan epidermis kulit sehingga kulit pada kaki atau tangan akan cenderung mengerut dan terlihat seperti tertarik ke bagian bawah dan tidak bisa mengembang secara normal. Selain karena faktor berenang terlalu lama, masalah kulit keriput ini juga bisa terjadi jika kita terlalu lama mandi atau saat kita mencuci dalam waktu yang lama. Hanya saja, yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa hanya pada bagian jari-jari tangan atau kaki saja yang mengalami keriput?

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1935 menunjukkan fakta yang berbeda dimana beberapa pakar kesehatan melakukan penelitian pada mereka yang mengalami kerusakan saraf. Secara mengejutkan, pasien kerusakan saraf ini sama sekali tidak mengalami masalah kulit keriput meskipun mereka telah berenang dalam waktu yang sangat lama. Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan lebih meyakini teori dimana kulit keriput ini akan muncul karena reaksi alami dari saraf.

Yang menarik adalah, beberapa pakar biologi meyakini jika kulit yang menjadi keriput sendiri adalah sebuah proses evolusi tubuh manusia yang memungkinkan kulit pada tangan atau kaki untuk lebih baik dalam menempel permukaan lantai atau dinding kolam sehingga kita tidak akan mudah tepeleset atau terjatuh. Selain itu, jika kita memerlukan suatu barang layaknya botol minuman, maka tangan kita pun tidak akan kesulitan mengambil barang tersebut meskipun permukaannya licin. Satu hal yang pasti, jika kulit kita masih mengalami keriput karena berenang terlalu lama, maka kita pun bisa dipastikan masih memiliki kesehatan saraf yang baik.