Mengapa Kuku Jari Kaki Cenderung Semakin Menebal?

DokterSehat.Com– Berbeda dengan kuku jari tangan, kuku jari kaki cenderung semakin menebal, lebih keras, dan berwarna lebih pucat. Banyak orang yang bahkan mengaku kesulitan untuk memotong kuku jari kaki akibat dari perubahan kondisi ini. Sebenarnya, apakah hal ini wajar adanya?

Jamur-Kuku-doktersehat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kondisi ini biasa terjadi seiring dengan pertambahan usia. Hal ini disebabkan oleh bahan baku kuku yang berupa keratin, semacam protein yang juga bisa kita temukan dalam rambut. Kuku sendiri berawal dari sebuah matriks yang disuplai oleh darah dan nutrisi agar bisa terus tumbuh. Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, pertumbuhan sekaligus proses perbaikan sel kuku ini cenderung melambat sehingga sel kuku pun akan terus menumpuk pada lempeng kuku yang ada di luar. Hal inilah yang membuatnya tampak jauh lebih tebal.

Lantas, bagaimana bisa kuku kaki cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan kuku tangan? Hal in ternyata disebabkan oleh kecenderungen kuku tangan yang 3 kali lipat lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan kuku kaki sehingga tidak mudah menebal sebagaimana kuku kaki.

Tak hanya karena proses penuaan yang alami, kuku kaki yang terus menebal juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu layaknya sebagai berikut.

Infeksi jamur
Masalah jamur kaki atau onkomikosis bisa membuat kuku kaki semakin menebal. Biasanya, hal ini terjadi pada kuku yang jarang terkena sinar matahari secara langsung akibat tertutup oleh sepatu dan kaus kaki sepanjang waktu.

Psoriasis
Penyakit autoimun yang bisa membuat kulit menjadi sangat kering dan bersisik ini ternyata juga bisa membuat kuku kaki dan tangan menjadi lebih tebal.

Trauma
Kuku yang sudah pernah terbentur atau kejatuhan benda keras bisa membuatnya mengalami trauma dan akhirnya membuat pertumbuhan kuku kaki mengalami hambatan sehingga akhirnya menjadi lebih tebal dan keras. Penggunaan sepatu yang terlalu sempit juga bisa menyebabkan dampak yang sama.