Mengapa Kuku Bisa Pecah-Pecah?

DokterSehat.Com – Jika kita mengalami kuku pecah-pecah, sering kali kita akan bertanya pada diri sendiri apakah kuku dan jari kita sering terkena sabun cuci mengingat sering kali penyebab dari kuku pecah atau terkelupas adalah karena terendam sabun cuci terlalu lama. Namun, kadang kala kuku yang pecah maupun terkelupas ternyata disebabkan oleh pengaruh medis, khususnya karena infeksi jamur atau bahkan karena faktor penuaan pada beberapa organ tubuh. Satu hal yang pasti, masalah pada kuku jelas tidak bisa diabaikan begitu saja karena disamping merusak penampilan fisik, pengelupasan ini juga bisa melebar ke bagian lain dari jari.

doktersehat-kuku-patah-kuteks

Penyebab utama dari pengelupasan kuku tentu saja adalah infeksi jamur. Disamping karena faktor terendam air sabun, kuku jari tangan atau jari kaki yang cenderung sering terendam air karena faktor pekerjaan atau bahkan kelembaban lingkungan juga bisa menjadi penyebab utama mengapa kuku bisa terkelupas. Hanya saja, penyebab lain layaknya penyakit psoriasis yang bisa membuat kulit dan kuku menjadi bersisik dan terkelupas juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Psoriasis bahkan bisa membuat kuku menjadi semakin rapuh sehingga semakin mudah mengelupas dan pecah-pecah.

Dalam beberapa kasus, kuku juga bisa mengelupas karena kondisi kelembaban dan kandungan minyak alami pada kuku ternyata mengalami perubahan drastis, khususnya jika kulit di sekitar kuku mengalami kondisi kulit kering. Seseorang yang semakin menua juga berpotensi mengalami pengelupasan kuku, apalagi jika nutrisi yang diserap oleh tubuh pun semakin menurun sehingga kuku pun menjadi lebih rapuh karena kurangnya nutrisi layaknya kalsium, zat besi, dan beberapa jenis vitamin yang penting dalam pertumbuhan dan juga kekuatan kuku.

Andai kuku anda mengalami pengelupasan dan terasa sangat rapuh, ada baiknya anda tidak mendiamkannya begitu saja maupun mencoba beberapa salep atau krim yang biasanya mampu menghilangkan jamur. Konsultasikan pada dokter terdekat sehingga anda bisa memastikan apa penyebab dari masalah pada kuku anda ini dan mendapatkan penanganan yang tepat sehingga kuku anda pun bisa kembali seperti sedia kala.

Baca Juga:  Aneh, Gadis Ini Menderita Alergi Pada Sinar Matahari