Mengapa Kotoran Telinga Bisa Mengeras?

DokterSehat.Com – Telinga kita tentu saja memiliki kotoran yang harus kita bersihkan secara berkala. Jika kita tidak membersihkannya dengan benar, bisa jadi kotoran telinga ini mengeras dan membuat telinga menjadi tersumbat dan pendengaran kita pun menjadi terganggu. Kondisi kotoran telinga yang mengeras ini disebut sebagai impacted cerumen dan jika dibiarkan begitu saja, telinga anda akan terasa sakit karena kerasnya kotoran telinga ini.



Cerumen sendiri adalah sejenis minyak yang dihasilkan oleh kelenjar pada telinga yang memiliki fungsi utama sebagai penangkap berbagai kotoran, debu, hingga kuman yang bisa saja memasuki lubang telinga dan membersihkan warna. Cerumen inilah yang nantinya akan berwarna kecoklatan karena tercampur dengan kotoran yang tersaring pada lubang telinga sehingga harus kita bersihkan secara berkala. Cerumen biasanya akan keluar dengan sendirinya meskipun dalam kondisi yang cukup keras. Sayangnya, cerumen bisa saja mengeras dan tidak mau keluar sehingga bisa menyebabkan masalah penyumbatan pada telinga. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Banyak penyebab mengapa cerumen pada akhirnya menyumbat lubang telinga. Kondisinya yang terlalu kering dan keras bisa menjadi penyebab utama mengapa cerumen tidak bisa keluar dari telinga. Disamping itu, ukuran cerumen yang terlalu besar tidak akan bisa keluar melalui lubang telinga yang kecil. Saluran telinga juga bisa mengalami penyempitan yang disebabkan oleh adanya infeksi atau trauma pada penyakit kulit atau tulang sebelumnya sehingga cerumen tidak bisa lagi keluar dengan sendirinya. Namun, penanganan telinga yang tidak benar layaknya terlalu sering memakai ­ear plug atau head set bisa menjadi penyebab mengerasnya cerumen. Disamping itu, pembersihan telinga dengan peralatan yang salah layaknya penjepit rambut atau peniti juga bisa memicu masalah penyumbatan kotoran telinga ini.

Baca Juga:  Kebiasaan Buruk Menghisap Jempol Pengaruhi Cara Berbicara Anak

Untuk mengatasi penyumbatan kotoran telinga ini. Kita biasanya akan diberikan obat tetes yang bisa membuat kotoran telinga melunak sehingga mudah untuk keluar dengan sendirinya. Obat tetes ini bisa dimasukkan ke lubang telinga sesaat sebelum tidur dan biasanya kotoran telinga akan dengan mudah keluar. Jika trik ini tidak berhasil, maka kita harus memeriksakan kondisi kita ke dokter THT agar mendapatkan penanganan yang lebih serius agar kotoran bisa tetap dikeluarkan tanpa menganggu telinga anda.