Mengapa Kita Tidak Bisa Menggelitiki Tubuh Kita Sendiri?

DokterSehat.Com – Salah satu cara untuk membuat anggota keluarga atau hubungan antar kawan menjadi lebih dekat adalah dengan mengerjai atau bahkan menggelitiki tubuh. Dengan menggeltiki tubuh orang lain, khususnya anak-anak, maka kita akan membuatnya tertawa. Memang, ada beberapa orang yang tidak akan mempan jika kita gelitiki, namun, sebagian besar akan tertawa geli atau bahkan tidak tahan ketikan digelitikin. Yang menarik adalah, andai kita termasuk orang yang sangat mudah geli ketika digelitiki, kita tidak akan merasa geli sedikitpun saat kita mencoba menggelitiki badan kita sendiri. Bahkan andai kita sudah memakai semacam bulu yang bisa menggelitiki tubuh dengan cepat. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-brain-otak-alzheimer-kanker

Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini memang sangat menarik dan membuat heran banyak orang. Bahkan, ada sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Scientific American yang mempelajari hal ini. Dari penelitian ini, diketahui bahwa otak manusia ternyata memiliki kemampuan memprediksi akan adanya sensasi yang akan dirasakan jika seseorang melakukan suatu gerakan. Alhasil, andai kita ingin menggelitiki tubuh kita sendiri, otak sebenarnya sudah memprediksi akan apa yang kita rasakan nantinya dan pada akhirnya kita sama sekali tidak merasa geli meskipun sudah sekuat tenaga menggelitiki tubuh.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika otot yang ada pada tubuh manusia memiliki berbagai ragam jenis dimana hampir semua otot-otot ini pergerakannya diatur dan dikoordinasikan oleh otak kecil. Otak kecil ini jugalah yang bisa memprediksi apa yang sekiranya bisa kita rasakan andai kita ingin melakukan gerakan pada tubuh kita sendiri. Karena alasan inilah kita tidak akan merasa geli sekalipun kita menggelitiki tubuh kita.

Baca Juga:  Kopi dapat menurunkan resiko kanker kepala dan leher

Meskipun menyenangkan, ada baiknya kita tidak asal menggelitiki orang lain dengan alasan menjahili saja. Selain bisa menyebabkan orang yang digelitiki melakukan gerakan tak terkendali yang bisa memicu cedera.