Mengapa Kita Suka Mengupil?

DokterSehat.Com– Hampir semua orang suka dengan aktifitas yang kerap dianggap sebagai sesuatu yang jorok ini. Saat mengupil, kita bisa membuat hidung menjadi lebih bersih dari berbagai kotoran sekaligus mendapati sensasi kenikmatan dan kepuasan yang luar biasa. Sebenarnya mengapa kita suka dengan aktifitas mengupil ini?

doktersehat-ngupil-dengan-tangan-hidung

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk mencari tahu kebiasaan kita yang cenderung suka mengupil ini pada tahu 1995 silam di Amerika Serikat. Penelitian yang dilakukan oleh Thompson dan Jefferson ini dilakukan dengan cara mensurvei seribu orang dari Dane County, negara bagian Wisconsin. Hanya 254 orang yang mau menjawab survei tersebut dimana 91 persen dari orang-orang tersebut mengaku suka mengupil. Namun, hanya 1,2 persen orang yang mau mengakui jika mereka setidaknya melakukannya sekali dalam satu jam.

Penelitian lain juga dilakukan di India oleh doctor Chittaranjan Andarade dan BS Srihari. Mereka menyebutkan bahwa kebiasaan mengupil ini ternyata telah berlangsung di usia yang sangat muda. Karena alasan inilah mereka mensurvei 200 remaja dari Bangalore, India. Hasilnya adalah, semua remaja ini mengaku pernah mengupil setidaknya empat kali dalam sehari. Kebiasaan mengupil ini sama sekali tidak mengenal kelas sosial dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, ada kecenderungan bahwa remaja putri menganggap kebiasaan ini sangat jorok dibandingkan dengan remaja pria yang menganggapnya sebagai hal yang biasa saja.

Sayangnya, penelitian-penelitian tersebut belum menjelaskan mengapa kita cenderung suka dengan kebiasaan ini. Hanya saja, ada pendapat yang menyebutkan bahwa mengupil termasuk dalam aktifitas yang memberikan kepuasan namun hanya memerlukan cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Tak hanya itu, jari kita juga sangat mudah digunakan untuk membersihkan hidung dari berbagai kotoran, khususnya jika hidung sudah terasa gatal. Karena bisa memberikan sensasi puas dan lega, kita pun menjadi ketagihan untuk melakukan kegiatan mengupil ini.