Mengapa Kita Selalu Merasa Lelah?

DokterSehat.Com – Terkadang kita sudah merasa telah tidur dengan cukup dan bahkan melewatkan akhir pekan dengan hanya bermalas-malasan untuk membuat tubuh menjadi lebih fit. Sayangnya, trik ini justru tidak berhasil dan kita terus merasa lelah sehingga kita pun bekerja dan beraktifitas dalam kondisi yang sangat lelah sehingga kita tidak bisa berkonsentrasi dan tidak menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bagaimana ini bisa terjadi?

doktersehat-santai-tidur

Disamping karena faktor kelelahan fisik karena begitu banyak pekerjaan dan aktifitas yang dilakukan di tempat kerja maupun di rumah, kemacetan lalu lintas yang menguras fisik dan pikiran serta banyaknya tekanan dalam kehidupan sosial sehari-hari, bisa menyebabkan kita terus-menerus merasa lelah dan tidak bisa melakukan berbagai hal dengan baik. Tahukah anda, ternyata ada banyak kebiasaan kita yang bisa membuat kelelahan menjadi lebih parah?

Banyak yang berpikir bahwa olahraga akan menambah rasa lelah. Padahal, dengan berolahraga rutin, kita bisa mendapatkan rasa segar dan fit. Jika olahraga juga dikombinasikan dengan waktu tidur yang cukup, maka kadar glukosa dalam darah pun menjadi lebih seimbang sehingga rasa lelah pun tidak akan mudah melanda dan kita pun menjadi lebih siap dalam melakukan aktifitas harian.

Jika anda ingin tidur dengan berkualitas, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi terlalu banyak minuman berkafein atau beralkohol yang ternyata bisa berpotensi membuat kita dalam kondisi yang lesu saat bangun pagi. Kita juga bisa mengalami rasa lelah dan kantuk yang tak tertahankan di siang hari yang disebabkan oleh gangguan tidur yang tidak kita sadari layaknya tidur dengan rasa yang gelisah atau bahkan mendengkur dan sleep apnea. Selain itu, kondisi tubuh yang sangat lelah juga bisa disebabkan oleh masalah anemia atau kurang darah sehingga kita harus menambah konsumsi daging merah dan sayur hijau. Selain itu, cobalah anda melihat ke diri sendiri apakah anda mengalami depresi atau tidak? Jika iya, maka anda bisa mengalami masalah dalam waktu tidur atau kehilangan nafsu makan sehingga memicu kurang nutrisi dan kurangnya waktu tidur yang berkualitas yang tentu saja bisa memicu kelesuan yang bisa melanda tubuh terus-menerus.

Baca Juga:  Apa Penyebab Munculnya Lebam-lebam