Mengapa Kita Mudah Lapar Setelah Berenang?

DokterSehat.Com – Berenang adalah salah satu olahraga yang dikenal luas baik bagi kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan olahraga lainnya yang cenderung membuat kita lelah dan berkeringat, berenang menawarkan sensasi asik saat kita melakukan pergerakan di dalam air. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berenang adalah salah satu olaharga yang paling cocok untuk menurunkan berat badan. Namun, sebuah pertanyaan muncul, jika olahraga ini sangat baik bagi mereka yang ingin mendapatkan berat badan ideal, mengapa banyak orang yang mengaku jika mereka merasa sangat lapar setelah berenang? Bukankah hal ini justru bisa membuat masalah baru pada berat badan?

doktersehat-renang

Pakar kesehatan menyebutkan jika salah satu sensasi yang dirasakan setelah berenang adalah lapar dan saat makan, kita cenderung tidak ingin untuk berhenti. Hal ini dianggap sebagai hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Memang, pakar kesehatan belum benar-benar tahu mengapa sensasi lapar ini bisa muncul setelah berenang, namun, beberapa pakar kesehatan meyakini jika penyebab dari hal ini adalah karena kita berenang dalam suhu air yang cenderung dingin sehingga tubuh pun ikut menurunkan suhu tubuh dengan drastis dan pembuluh darah pun akan cenderung menyempit. Kondisi ini akan membuat tubuh melepaskan beberapa hormon yang berkaitan dengan meningkatnya nafsu makan.

Sebuah penelitian juga melaporkan bahwa olahraga berenang akan membuat kita membakar kalori 44 persen lebih baik jika dibandingkan saat kita melakukan olahraga jenis lain dan tenaga yang kita keluarkan untuk bergerak di dalam air juga jauh lebih besar sehingga memicu munculnya rasa lapar setelah berenang.

Jika kita sedang dalam kondisi diet penurunan berat badan dan tidak ingin rasa lapar setelah berenang menghalangi kesuksesan program ini, cobalah mengkonsumsi pisang dan susu cokelat saja alih-alih makan besar. Setelah itu, cobalah untuk berjalan-jalan santai saja selama 10 menit sehingga suhu tubuh meningkat kembali dan perut tidak akan terasa sangat lapar.