Mengapa Kita Mudah Digigit Nyamuk?

DokterSehat.Com – Nyamuk adalah salah satu hewan yang paling menjengkelkan bagi manusia. Selain bisa menggigit dan menyebabkan gatal-gatal, nyamuk diketahui bisa membawa sumber penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Mencegah nyamuk datang adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, apalagi jika sudah sampai dalam tahap mengerubungi telinga di kala menjelang tidur yang tentu akan sangat mengganggu. Sebuah pertanyaan pun muncul, mengapa nyamuk bisa tertarik pada kita?

doktersehat-virus-zika-nyamuk-bau-ayam-hidup-cegah-malaria

Pakar kesehatan dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia bernama Erni Juwita Nelwan menyebutkan jika nyamuk ternyata menyukai aura hangat yang muncul dari tubuh manusia. Mengapa kadang nyamuk kerap berngiang di telinga kita? Jawabannya adalah area yang paling hangat dari tubuh manusia adalah di telinga sehingga hal ini tentu akan sangat menarik perhatian nyamuk.

Ada beberapa faktor mengapa nyamuk cukup mudah menggigit seseorang, namun, diketahui jika mereka dengan golongan darah tertentu akan cenderung lebih mudah menarik perhatian nyamuk untuk datang. Sbeuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Medical Entomology menyebutkan jika mereka dengan golongan darah O harus merelakan nasibnya akan terlihat menawan bagi para nyamuk. Bahkan, 83 persen nyamuk ternyata sangat tertarik dengan mereka dengan golongan darah ini.

Mereka yang memiliki konsentrasi kolesterol atau lemak pada bagian kulit juga akan cenderung mudah untuk tergigit oleh nyamuk karena dianggap sangat menarik perhatian. Selain itu, mereka yang memiliki bau asam khusus pada kulit juga akan cenderung membuat nyamuk tertarik untuk datang. Hal ini dikarenakan nyamuk mampu membaui asam ini dari jarak yang sangat jauh, yakni hingga 50 meter jauhnya.

Faktor terakhir mengapa nyamuk mudah menggigit tubuh kita adalah karena kiat mengeluarkan karbondioksida melalui pernafasan. Kandungan udara ini dihasilkan oleh saluran pernafasan kita dan akan membuat kita akan sering digigiti nyamuk.