Mengapa Kita Merasa Lapar Setelah Berlari?

DokterSehat.Com – Salah satu jenis olahraga yang disukai oleh banyak orang adalah berlari. Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan, tidak menghabiskan banyak biaya, dan bisa dilakukan dimana saja. Selain mudah untuk dilakukan, berlari mampu memberikan banyak manfaat kesehatan, baik itu bagi kesehatan jantung, mencegah berbagai macam penyakit, hingga menjaga berat badan tetap ideal. Hanya saja, kita kerap kali merasa sangat lapar setelah berlari sehingga bisa membuat kita makan dengan porsi yang cenderung berlebihan setelah melakukannya. Sebenarnya, apa penyebab dari munculnya rasa lapar setelah berlari ini?

doktersehat-olahraga-lari-jogging-sehat

Belum makan
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang berlari di pagi buta tidak sempat mengkonsumsi makanan apapun sebelum melakukannya. Bagi mereka yang melakukan program penurunan berat badan, mereka bahkan sengaja tidak makan sebelumnya dengan tujuan bisa membakar kalori di dalam tubuh lebih banyak. Karena saat berlari banyak kalori yang terbakar, tubuh pun mengeluarkan sinyal membutuhkan sumber energi melalui rasa lapar ini.

Berlari memang membutuhkan energi yang besar
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa setiap jenis olahraga bisa memberikan efek pada fisik atau psikologis yang berbeda-beda. Berlari termasuk dalam olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi sehingga membutuhkan energi yang cukup besar. Karena kebutuhan energi yang besar ini, pembakaran kalori juga akan sangat banyak sehingga rasa lapar pun cenderung lebih mudah muncul. Namun, uniknya, hal ini ternyata tidak berlaku bagi setiap jenis olahraga, termasuk beberapa olahraga yang intensitasnya sangat tinggi layaknya kombinasi antara lari cepat dan jogging yang justru bisa menekan rasa lapar dengan lebih baik.

Pengaruh psikologis
Sebagian orang ternyata secara psikologis sudah berpikir jika berlari akan membuat kita merasa lapar dan menginginkan konsumsi makanan lebih banyak. Padahal, kita tidak harus mengkonsumsi makanan lebih banyak saat melakukannya. Makanlah dengan porsi seperti biasa dengan tenang agar rasa lapar menghilang dan kita bisa mendapatkan manfaat lari dengan maksimal.