Mengapa Kita Merasa Haus Sebelum Tidur?

DokterSehat.Com – Ada sebuah hal yang cukup sering kita rasakan saat di malam hari menjelang tidur atau saat kita sebenarnya sudah merebahkan tubuh di Kasur dalam waktu yang lama namun tidak kunjung terlelap; Kita akan merasa haus dan tubuh seakan-akan memaksa kita untuk segera meminum air. Hal ini tentu akan membuat kita menjadi lebih resah dan cenderung sulit untuk tidur jika belum benar-benar dipenuhi. Sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh sehingga meminta kita untuk minum air sebelum tidur?

doktersehat-minum-air-putih-sehat

Pakar kesehatan dari McGill University di Kanada bernama Professor Charles Bourque menyebutkan jika rasa haus ini bisa saja muncul meskipun kita tidak dalam kondisi kekurangan asupan cairan, setelah berolahraga, atau bahkan saat suhu sedang panas yang membuat kita berkeringat ataupun dingin. Hal ini dikarenakan di dalam otak terjadi pelepasan senyawa kimia yang menyesuaikan dengan jam biologis kita sehingga akan cenderung berulang kali terjadi di waktu yang hampir sama setiap hari, yakni menjelang kita tidur.

Senyawa yang dimaksud Professor Bourque adalah vasopressin. Senyawa ini sendiri memang dikenal lua sebagai pemicu rasa haus pada tubuh. Vasopressin sendiri diproduksi oleh suprachiasmatic nucleus atau SCN, sebuah area kecil yang terdapat pada bagian hipotalamus otak, bagian otak yang memang mengendalikan ritme sirkadian atau jam biologis alami tubuh. Yang menarik adalah, selain bisa membuat kita merasa haus sebelum kita beranjak tidur, senyawa ini juga berkaitan erat dengan regulasi cairan pada tubuh yang bisa membuat kita tidak mengalami kehausan meskipun kita tidur dalam waktu yang cukup panjang.

Professor Bourque sendiri menemukan fakta ini begitu Ia mengamati otak dari tikus percobaan dimana pada saat malam hari, terjadi pelepasan vasoprein yang cukup banyak terjadi sehingga kita pun akan sangat mudah haus sebelum tidur, meskipun sebenarnya tubuh tidak sedang dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan.