Mengapa Kita Masih Ingin Makan Meskipun Perut Sudah Kenyang?

DokterSehat.Com– Meskipun sudah kenyang, banyak dari kita yang masih ingin makan atau ngemil sesuatu. Jika kita turuti keinginan ini, maka dikhawatirkan kita akan mudah meningkatkan berat badan. Namun, jika kita tidak menurutinya, bisa jadi kita akan merasa lapar dan sulit untuk berkonsentrasi. Sebenarnya, apakah keinginan untuk terus makan meskipun sudah makan ini normal adanya?

doktersehat-lapar-tengah-malam

Menurut pakar kesehatan dan nutrisi yang berasal dari Lagizi bernama dr. Jansen Ongko, MSc, RD, ketagihan makanan atau keinginan untuk makan terus-menerus ternyata merupakan hal yang alami terjadi pada tubuh. Dalam buku ‘Fit Teen’s Diary’ hasil tulisannya, Jansen menyebutkan bahwa keinginan untuk makan terus-menerus ini terjadi karena mekanisme yang ada di otak yang membuat kita merasa nyaman.

Sebagai informasi, rasa tertentu dari makanan ternyata bisa membuat kita merasa lebih nyaman. Efek ini ternyata mirip dengan hasil kinerja dari hormon alami pada tubuh dan sayangnya, otak tidak bisa membedakan keduanya dengan baik. Alhasil, jika kita menyukai rasa makanan tertentu yang membuat kita nyaman, maka respons otak pun menjadi terpengaruh dan meminta pada tubuh untuk mendapatkan kembali sensasi tersebut. Hal inilah yang membuat kita memiliki keinginan untuk terus mengkonsumsi makanan meskipun sebenarnya kita sudah makan.

Tak hanya karena respon otak, keinginan untuk terus makan ternyata juga bisa disebabkan oleh masalah kelebihan berat badan atau stress. Berat badan berlebih ternyata bisa membuat hormon leptin yang berfungsi sebagai pengendali nafsu makan mengalami kerusakan sehingga otak pun tidak bisa meresponsnya dengan baik dan akan memicu rasa lapar terus-menerus. Sementara itu, stress ternyata bisa membuat tubuh meminta kompensasi dari tekanan psikologis ini dan salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang enak atau bahkan makanan tidak sehat layaknya junk food yang bisa membuat kita ketagihan.

Baca Juga:  Permen Karet Ternyata Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun wajar terjadi, ada baiknya kita tidak selalu menuruti keinginan makan terus-menerus ini karena bisa membuat kita tidak mampu mengendalikan berat badan.