Mengapa Kita Kesulitan Untuk Berhenti Makan?

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika ada sebagian orang yang mengalami masalah sulit untuk berhenti makan meskipun mereka sebenarnya sudah dalam kondisi kenyang atau baru saja makan? Hal ini tentu sangat berbeda dengan kebanyakan orang yang hanya akan makan saat perut mereka dalam kondisi lapar. Sebenarnya, apa yang terjadi sehingga kita sulit untuk berhenti makan?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat

Dehidrasi
Hal pertama yang sangat mungkin terjadi sehingga kita terus-menerus merasa lapar adalah dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh ternyata memang membuat kita menjadi lebih mudah merasa lapar mengingat tubuh akan terasa jauh lebih letih dari biasanya. Otak pun akan merespon kondisi ini dengan cara memberikan sinyal meminta kalori untuk menghentikan rasa letih ini sehingga kita pun akan terus merasa lapar. Pakar kesehatan Alissa Rumsey dari American Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan jika dehidrasi berdampak besar bagi hipotalamus, bagian otak yang mengendalikan rasa ingin makan dan minum. Sayangnya, kadangkala hipotalamus justru mengirimkan sinyal bagi tubuh untuk makan alih-alih meminum air saat dehidrasi.

Ketidakseimbangan pada hormon
Hal berikutnya yang mungkin terjadi pada tubuh sehingga kita terus merasa lapar dan sulit berhenti makan adalah ketidakseimbangan hormon. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zhiping Pang dari Rutgers University menyebutkan jika tikus percobaan yang mengalami penurunan hormone glucagon-like peptide-1 atau GLP 1 pada pusat sistem saraf akan cenderung lebih banyak makan, khususnya makanan yang kaya akan lemak. Uniknya, kenaikan horon GLP-1 ini justru membuat tikus kurang berminat pada makanan-makanan yang sama. Hal ini berarti, ada kemungkinan ketidakseimbangan hormon ini juga berpengaruh pada keinginan makan pada manusia.

Ketagihan gula
Andai kita sering mengkonsumsi makanan manis, kandungan gula dalam makanan akan merangsang pelepasan senyawa layaknya domapin dan opioid yang bisa membuat ketagihan. Hal ini akan membuat kita sulit untuk berhenti makan dan tubuh terus-menerus meminta makanan yang sangat enak.