Mengapa Kita Harus Lebih Sering Bersepeda?

DokterSehat.Com – Meskipun kampanye untuk bersepeda ke tempat kerja semakin kerap digencarkan oleh banyak orang, dalam realitanya, sebagian orang masih malas untuk memakai sepeda untuk bertransportasi ke berbagai tempat. Bahkan, banyak dari kita yang tetap memakai sepeda motor hanya untuk mencapai toko-toko terdekat. Namun, tahukah anda jika ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari bersepeda. Selain manfaat berolahraga, bersepeda, meskipn itu hanya berkeliling sekitar area rumah atau di area taman, sudah bisa memberikan efek rekreasional bagi pikiran kita. Sebenarnya, apa saja yang bisa kita dapatkan jika kita mulai sering-sering bersepeda?

doktersehat-bersepeda-pemanasan

Membakar kalori lebih banyak
Menurut pakar kesehatan, dengan bersepeda selama satu jam, kita sudah secara efektif membakar 300 hingga 700 kalori, tergantung pada medan yang kita lalui atau kecepatan dari bersepeda yang kita lakukan. Jika kita rutin bersepeda setidaknya dalam sepekan, kita bahkan bisa membakar 3.500 kalori yang setara dengan 1 ons daging! Hal ini berarti, bersepeda sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Membuat otot dan persendian lebih kuat
Dengan bersepeda, kita akan membuat otot-otot pada pantat (gluteus), otot dari pinggul ke lutut (Sartorius), dan juga otot paha menjadi lebih kuat. Selain itu, kita bisa mencegah masalah pelemahan dan korosi pada persendian yang diakibatkan oleh masalah berat badan dalam jangka panjang. Dengan otot dan persendian yang lebih kuat, tubuh tentu akan terasa lebih bugar.

Mencegah datangnya berbagai penyakit
Sebuah penelitian yang dilakukan di Stanford University School of Medicine menyebutkan jika mereka yang rutin bersepeda akan mampu menurunkan resiko terkena penyakit arteri koroner hingga angka 50 persen lebih rendah. Selain itu, wanita yang suka bersepeda juga akan lebih baik dalam mencegah penyakit kanker payudara.

Baca Juga:  Masih Suka Meletakkan Ponsel di Bawah Bantal Saat Tidur? Ini Bahayanya

Dengan adanya manfaat-manfaat dari olahraga bersepeda di atas? Anda masih yakin masih malas untuk melakukan olahraga ini?