Mengapa Kita Cenderung Mengantuk Setelah Sarapan Pagi?

DokterSehat.Com – Meskipun kita sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup, seringkali kita merasakan ngantuk di pagi hari, khususnya setelah sarapan pagi. Hal ini tentu akan sangat mengganggu mengingat kita tentu harus menjadi orang yang produktif untuk melakukan berbagai kegiatan seharian penuh. Mata yang terus mengantuk tentu akan menghalangi kita untuk beraktifitas, bukan?. Padahal, sarapan pagi seharusnya menjadi modal kita mendapatkan energi seharian. Apa yang sebenarnya terjadi?

doktersehat-makan-pancake

Pakar gizi dan ketua dari Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Ir Hadiansyah, MS, mengungkapkan bahwa ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan kita justru merasakan kantuk yang sangat berat justru setelah sarapan. Faktor pertama adalah karena kesibukan kita di pagi hari, kebanyakan orang akan cenderung mengkonsumsi sarapan dalam porsi yang sedikit. Banyak orang yang mengaku tak punya waktu untuk memasak atau bahkan perutnya masih belum mampu dimasuki makanan dalam jumlah banyak sehingga memakan sedikit roti atau bahkan hanya mengemil jajanan. Kebiasaan ini ternyata membuat tubuh kita kekurangan energi yang dibutuhkan untuk berkegiatan. Apalagi jika energi kita juga terkuras untuk berkendara di tengah-tengah kemacetan.

Faktor berikutnya adalah karena kita cenderung tidur sangat larut di malam sebelumnya. Hal ini berarti, meskipun kita sudah sarapan dengan cukup, tubuh yang masih belum benar-benar mendapatkan waktu istirahat yang cukup pun akhirnya menagih dengan cara membuat kita mengantuk seharian.

Untuk mengatasi hal ini, Prof DR Ir Hadiansyah menuturkan jika kita harus mampu menata waktu istirahat kita dengan baik sehingga kita pun mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya, yakni setidaknya enam hingga delapan jam. Selain itu, makanlah sarapan pagi sebelum jam 9 untuk menghindari tubuh kita merasakan pusing-pusing, kehilangan konsentrasi, atau bahkan mengantuk kembali. Dimanapun tempat untuk melakukan sarapan tidak akan menjadi soal, asalkan kita bisa mengkonsumsi sarapan dengan gizi yang baik dan seimbang.