Mengapa Kita Bisa Merasakan Sensasi Bergidik Saat Buang Air Kecil?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang, khususnya kaum pria yang mengalami sensasi bergidik atau merinding saat buang air kecil. Dalam dunia medis, hal ini dikenal sebagai pee shiver atau pee shakes. Meskipun sama sekali tidak mengganggu, banyak orang yang mengaku heran dan bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab dari hal ini.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Pakar kesehatan menyebut pee shiver ini sebagai sensasi geli atau merinding yang berawal dari sekitar panggul dan kemudian menjalar ke seluruh tubuh. Biasanya, sensasi ini akan terasa puncaknya di sekitar bagian belakang leher sehingga membuat kita menggerakkan kepala, mengangkat alis, dan menggerakkan bahu. Selain itu, hal ini juga akan diikuti dengan perasaan lega seperti mendapatkan orgasme, namun dalam skala yang lebih kecil.

Terdapat beberapa jenis teori yang menjelaskan fenomena bergidik saat pipis ini, salah satunya adalah yang berkaitan dengan kinerja saraf parasimpatis yang cenderung lebih aktif saat kandung kemih dipenuhi oleh urine sehingga membuat otak segera mengosongkannya. Selain itu, ada teori lain yang menyebutkan bahwa hal ini adalah kebiasaan yang sudah muncul pada pria sejak jaman purba karena kebiasaan untuk pipis sembarangan, khususnya dekat dengan pohon. Padahal, tempat ini bisa saja dipenuhi bahaya seperti hewan-hewan liar. Dengan bergidik, maka kita bisa meningkatkan kewaspadaan.

Hanya saja, pakar kesehatan dr. Akbar Wahyudi Kusumah yang berasal dari Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta menyebutkan bahwa buang air kecil seharusnya tidak berasa dan bisa jadi sensasi bergidik ini adalah tanda akan adanya infeksi saluran kemih, apalagi jika saat kita mengalami sensasi merinding ini juga muncul rasa nyeri atau panas di tetes-tetes terakhir buang air kecil.

Jika sampai hal ini terjadi, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter karena bisa jadi memang hal ini disebabkan oleh infeksi saluran kemih.