Mengapa Kita Bisa Mengigau Saat Tidur?

doktersehat-couple-pasangan-ngorok-tidur

DokterSehat.Com– Terdapat sebagian orang yang terbiasa mengigau atau ngelindur saat tidur. Biasanya, kita akan menganggap orang yang sedang mengigau ini sedang berada dalam kondisi kelelahan atau sedang banyak pikiran. Sebenarnya, apa sih penyebab dari mengigau ini?

Pakar kesehatan menyebut mengigau sebagai solimnoquy, salah satu gangguan tidur parasomnia. Penyebab dari hal ini juga bermacam-macam seperti kecemasan atau stress, namun, hal ini juga kerap terjadi pada mereka yang cenderung kreatif dan kerap mengekspresikannya dalam bentuk tulisan, lukisan, atau nyanyian. Saat ada beberapa hal yang terpendam dan belum sempat diekspresikan, maka mereka pun akan cenderung mudah mengigau saat tidur.

Meskipun secara umum mengigau tidak perlu dikhawatirkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengigau bisa jadi diiringi dengan gigi yang bergemeretakan atau berdecit yang disebut sebagai bruxism. Yang menjadi masalah adalah, hal ini ternyata bisa menurunkan kualitas tidur dan merusak kesehatan gigi dan mulut.

Dalam banyak kasus, cukup banyak orang yang mengeluhkan pasangan atau teman sekamarnya mengigau saat tidur dan bisa membuat mereka terganggu atau bahkan ketakutan. Karena alasan inilah ada baiknya pengidap kebiasaan mengigau segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter. Jika hal ini sepertinya berkaitan dengan masalah kesehatan mental, datanglah ke ahli kejiwaan agar bisa mengurangi stress atau kecemasan yang sedang dialami. Selain itu, kita juga bisa mengikuti kelas yoga, kerap bernyanyi, atau menulis di buku harian untuk mengatasinya.

Jika kondisi mengigau ini juga diikuti dengan masalah rahang seperti bruxism, kita juga bisa melakukan senam rahang yang ditujukan untuk membuatnya menjadi lebih rileks saat tertidur. Selain itu, pastikan untuk menjaga pola tidur yang baik dan rutin setiap hari.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik