Mengapa Kita Bersendawa Setelah Makan?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berkata jika bersendawa setelah makan, apalagi yang dilakukan dengan suara yang keras di depan orang banyak adalah hal yang sangat tidak sopan. Alhasil, banyak orang yang bahkan menahan sendawanya. Padahal, bersendawa adalah salah satu mekanisme alami yang dilakukan oleh saluran pencernaan tubuh dan memiliki banyak tujuan yang penting bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat dari bersendawa setelah kita makan?

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Menurunkan Kadar Gas Dalam Perut
Tanpa kita sadari, selain mengkonsumsi nutrisi dari makanan dan minuman, kita juga banyak mengkonsumsi gas pada saat makan. Gas-gas ini bisa ikut tertelan bersama dengan saat kita makan atau berasal dari bahan makanan layaknya kacang-kacangan, brokoli, hingga lobak. Dengan bersendawa, gas-gas tersebut bisa keluar dari perut sehingga kita pun akan menurunkan penumpukan gas yang bisa menjaga tubuh tetap berenergi dan tidak lesu.

Menurunkan Rasa Tidak Nyaman Pada Perut
Dengan bersendawa, maka kita akan membuat lambung terhindar dari rasa tidak nyaman. Karena banyaknya kandungan gas di perut, kita akan membuat lambung terasa kembung dan sangat tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa membuat nyeri pada dada atau bahkan naiknya asam lambung. Dengan bersendawa, kita bisa membuat perut menjadi lebih lega dan rasa tidak nyaman tersebut segera hilang.

Membantu Kelancaran Proses Pencernaan
Adanya penumpukan gas di dalam perut ternyata bisa membuat proses pencernaan menjadi terhambat. Dengan bersendawa, gas-gas tersebut akan lepas dan proses pencernaan pun akan kembali normal sehingga berbagai nutrisi bisa kembali diserap dengan baik.

Bersendawa memang penting bagi kesehatan tubuh dan sebaiknya kita tidak menahannya agar proses pencernaan bisa terjaga kelancarannya. Namun, ada baiknya kita bisa menyingkir terlebih dahulu dari meja makan andai kita tetap ingin bersendawa namun tidak mengganggu kesopanan di depan orang lain.