Mengapa Kini Pasien di Rumah Sakit Memakai Gelang Khusus?

DokterSehat.Com – Jika pada jaman dahulu, pasien yang berada di rumah sakit akan identik dengan selang infus yang tertanam pada tangannya. Namun, kini, pasien di rumah sakit juga memiliki ciri-ciri lain yang sangat unik, yakni dengan adanya gelang khusus yang ada pada tangannya. Tahukah anda, Rumah Sakit di Indonesia masih belum lama menerapkan teknologi gelang khusus yang dipakai sebagai semacam tanda pengenal dari pasien. Meskipun berkaitan erat dengan masalah kesehatan, banyak pasien yang bahkan menganggap gelang khusus ini sebagai semacam oleh-oleh yang unik yang bahkan diantaranya tetap memakainya meskipun sudah keluar lama dari Rumah Sakit.

doktersehat-gelang-pasien-rumah-sakit

Alih-alih hanya dianggap sebagai tanda pengenal, sebenarnya ada beberapa fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan gelang khusus ini bagi para pakar kesehatan. Direktur salah satu Rumah Sakit ternama di Indonesia, yakni MMC Hospital yang merupakan Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia pada periode 2003 hingga 2009 bernama dr. Adib Abdullah Yahya menyebutkan jika gelang khusus yang banyak dipakai oleh pasien ini ternyata memiliii barcode khusus yang tidak hanya memberikan petunjuk informasi data pasien saja. Pada barcode ini, para dokter dan perawat bisa menemukan riwayat kesehatan dari pasien sehingga akan sangat membatnu proses penyembuhan yang dilakukan oleh praktisi kesehatan di Rumah Sakit ini.

Barcode pada gelang khusus ini bisa dianggap sebagai semacam rekaman medis yang bisa membantu dokter. Sebagai contoh, pada barcode ini ditemukan fakta bahwa pasien memiliki alergi pada obat-obat tertentu sehingga tentu akan bisa dihindari agar kondisi pasien tidak semakin memburuk.

Memang, pada umumnya gelang khusus Rumah Sakit ini akan terpakai sebagai informasi kapan pasien masuk atau bahkan keluar dari Rumah Sakit, namun, kini telah ada pula teknologi barcode yang lebih mutakhir dimana pakar kesehatan di Rumah Sakit bisa mengecek pasien yang sedang tidak ada di tempat hanya dengan mengecek gelang khusus ini. Hal ini tentu akan sangat membantu pekerjaan para dokter dan perawat di Rumah Sakit.