Mengapa Kepala Terasa Sakit Saat Minum atau Makan yang Dingin?

DokterSehat.Com– Saat suhu sedang cukup panas dan gerah, kita tentu mendambakan minuman atau makanan yang dingin dan menyegarkan layaknya es teh atau es krim. Sayangnya, saat mengkonsumsinya, tiba-tiba saja kepala kita terasa sakit. Mengapa hal ini bisa terjadi?



Pakar kesehatan menyebut kondisi ini sebagai brain freeze atau otak beku. Tak hanya itu, sebagian orang juga menyebut rasa sakit saat makan es krim atau minum minuman dingin ini sebagai ice cream headache. Meskipun memiliki nama otak beku, dalam realitanya otak tidak benar-benar membeku saat kita makan atau minum yang dingin sehingga menimbulkan sakit kepala. Hal ini terjadi karena saat makanan atau minuman yang bersuhu dingin ini menyentuh langit-langit mulut, saraf yang mengendalikan pembuluh darah arteri terpengaruh dan segera meresponsnya dengan memerintahkan pembuluh darah yang ada di kepala untuk melebar. Kondisi ini menyebabkan aliran darah secara tiba-tiba meningkat drastis dan pada akhirnya memicu sakit kepala mendadak dengan sensasi layaknya membeku.

Biasanya, rasa sakit kepala atau sensasi beku ini akan muncul pada waktu 20 hingga 60 detik setelah mengkonsumsi makanan atau minuman dingin selama kurang dari 5 menit. Sensasi beku ini bisa membuat kita tidak nyaman sehingga ingin beristirahat sejenak. Untungnya, menurut pakar kesehatan, hal ini sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan.

Untuk mengatasi sakit kepala ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera meletakkan lidah pada langit-langit mulut agar lebih hangat. Tak hanya itu, cobalah untuk menutup hidung dan mulut dan kemudian bernafaslah dengan lebih cepat agar rongga mulut lebih hangat. Kita juga bisa minum air hangat untuk mengatasinya. Untuk menghindari datangnya sensasi beku saat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin, ada baiknya kita mengkonsumsinya dengan tenang dan tidak terburu-buru. Jika rasa sakit sudah muncul, berhentilah mengkonsumsi makanan atau minuman dingin ini untuk sejenak hingga sensasi beku ini hilang.