Mengapa Kepala Bayi Cenderung Banyak Berkeringat Saat Menyusui?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang masih berusia muda atau baru pertama kali memiliki anak yang panik tatkala melihat kepala bayinya cenderung mengeluarkan lebih banyak keringat saat disusui. Menurut pakar kesehatan, bayi yang sedang menyusui atau sedang tidur ternyata memang cenderung mengeluarkan keringat pada kepalanya dalam jumlah yang cukup banyak. Apa alasan dari banyaknya produksi keringat ini?

doktersehat-menyusui-ibu-hamil

Menurut pakar kesehatan, bayi yang baru saja lahir ternyata masih memiliki kelenjar keringat yang belum mampu bekerja dengan optimal, khususnya pada bagian kepala. Hal ini berarti, saat bayi merasakan suhu udara yang terlalu panas, Ia pun akan cenderung langsung mengeluarkan banyak keringat. Tak hanya itu, karena bayi juga tidak bisa secara leluasa bergerak, berpindah, atau berubah posisi saat tidur, maka kepalanya akan tetap berada di posisi yang sama sehingga bagian kepala pun cenderung lebih panas dan akhirnya mengeluarkan banyak keringat.

Saat bayi sedang menyusui, kepalanya juga akan cenderung lebih banyak mengeluarkan keringat. Hal ini disebabkan oleh posisi ibu saat menyusui yang memang cenderung mirip layaknya posisi memeluk bayi. Selain itu, kepala bayi juga akan ditopang oleh tangan ibu yang hangat dalam waktu yang lama sehingga pada akhirnya membuat suhu di kepala bayi akan lebih tinggi dan akhirnya memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak.

Jika bayi mengeluarkan banyak keringat dianggap sebagai hal yang normal, lantas, bagaimana kita bisa membedakan bayi yang sedang dalam kondisi kepanasan dengan bayi yang berada dalam kondisi demam? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa mengecek suhu kepala bayi, khususnya pada bagian pipi atau di bagian bawah dagu. Jika pada bagian tersebut terasa suhu tubuh yang tidak biasa, maka ada baiknya kita segera memeriksakan bayi ke dokter. Hanya saja, jika setelah suhu udara tak lagi panas bayi kemudian tidak lagi banyak mengeluarkan keringat, dan memiliki suhu tubuh yang normal, maka hal ini menandakan bahwa bayi berada dalam kondisi baik-baik saja.