Mengapa Kepala Bagian Belakang Terkadang Terasa Sakit?

DokterSehat.Com – Seringkali kita mendengar orang yang berkata bahwa jika bagian belakang kepala sakit, maka bisa jadi kita mengidap penyakit berbahaya. Banyak sekali orang yang menghubungkan sakit di belakang kepala berkaitan erat dengan masalah dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau bahkan dengan penyakit jantung. Apakah hal ini benar adanya? Jawabannya bisa benar bisa tidak. Benar karena memang ada penyakit yang membuat bagian belakang kepala menjadi sakit. Namun, dengan kondisi masyarakat modern yang memiliki aktifitas cukup banyak, sakit kepala di bagian belakang kepala kini justru lebih sering terjadi karena perilaku harian yang kurang sehat. Apa sajakah penyebab sakit di belakang kepala?



Banyak sekali pekerja kantoran yang mengeluhkan sakit kepala bagian belakang? Mengapa pekerja kantoran yang sering mengeluhkan hal ini? Hal ini dikarenakan posisi kerja di depan komputer yang kurang baik. Pekerja kantoran bisa duduk di depan komputer selama berjam-jam lamanya dan jika kita duduk dengan posisi yang tidak tepat, otot-otot leher bisa terasa kaku dan tegang sehingga memicu rasa sakit di bagian belakang kepala. Untuk mencegah rasa sakit ini, setidaknya setiap satu jam bekerja kita harus menyempatkan diri membuat tubuh kita menjadi rileks. Berdiri dan berjalan sebentar untuk sekadar mengambil minum bisa menjadi pencegahan yang baik.

Jika anda memiliki masalah pada tulang belakang, maka hal ini juga bisa memicu rasa sakit di bagian belakang kepala. Tulang belakang yang mengalami pembengkokan atau peradangan bisa memicu adanya ketegangan di otot leher dan bagian belakang kepala pun akan terasa sakit. Masalah tulang belakang ini cukup berbahaya sehingga anda pun harus memeriksakan kondisi ini agar tidak berlanjut ke masalah yang lebih besar layaknya peradangan pada bagian otak.

Baca Juga:  Dapatkan Manfaat Olahraga Kardio Untuk Kesehatan

Disamping masalah fisik, anda juga harus sering-sering menyegarkan pikiran dan kepala anda. Stress ternyata dapat menyebabkan masalah sakit pada bagian belakang kepala. Anda bisa menyempatkan akhir pekan untuk istirahat dengan baik atau jalan-jalan bersama keluarga untuk menyegarkan pikiran dari penatnya pekerjaan dan rutinitas harian lainnya. Jika anda suka dengan pijatan, tidak ada salahnya untuk mendapatkan pijatan pada bagian belakang kepala dan punggung sehingga anda akan lebih segar dan tidak mudah mengalami rasa sakit di bagian belakang kepala.