Mengapa Junk Food Membuat Ketagihan?

DokterSehat.Com – Jika kita mau mencermati. Hampir semua restoran atau tempat makan junk food yang berada di kota-kota besar selalu dipenuhi oleh pelanggan, baik siang maupun malam. Beberapa restoran makanan cepat saji bahkan membuka restorannya 24 jam karena mengetahui ada banyak pelanggan yang tetap berdatangan di waktu tengah malam atau dini hari. Hal ini tentu akan sangat sulit ditemukan pada restoran atau tempat makan konvensional lainnya. Apakah memang makanan junk food bisa membuat ketagihan sehingga banyak orang yang rela mendatangi restorannya pada tengah malam?

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

Jika kita mau mencermati, orang-orang yang menyukai makanan junk food akan mengkonsumsinya dalam jumlah yang cenderung banyak. Mereka mengakui jika junk food akan terasa sangat enak dan bisa membuat mereka mengkonsumsi lebih banyak. Hal ini tentu akan sangat berbeda jika kita mengkonsumsi makanan sehat layaknya sayuran yang cenderung akan segera berhenti dalam porsi yang sedikit. Pakar kesehatan yang melakukan penelitian di Kanada menyebutkan bahwa junk food memang bisa memberikan efek ketagihan sekaligus meningkatkan selera makan sehingga kita bisa melahapnya dalam jumlah yang banyak. Junk food yang cenderung kaya lemak ternyata mampu mempengaruhi struktur kimia yang ada dalam otak sehingga nafsu makan pun akan cenderung meningkat drastis.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan di University of Calgary dan University of British Columbia yang memakai objek penelitian tikus juga menemukan jika tikus yang diberi makanan berlemak layaknya junk food ternyata memiliki peningkatan aktivitas otak dan juga nafsu makan secara pesat. Bahkan, nafsu makan tikus pun cenderung tidak terkontrol sehingga tikus mengalami lonjakan berat badan dengan signifikan.

Sudah menjadi rahasia umum jika junk food sangatlah tidak baik untuk dikonsumsi, apalagi jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan dan dalam frekuensi yang cukup sering. Selain bisa memberikan resiko terkena masalah obesitas, beberapa jenis penyakit lain layaknya kanker atau serangan jantung juga bisa menyerang mereka yang telah kecanduan junk food. Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai membatasi atau bahkan menghentikan kebiasaan mengkonsumsi junk food sebelum kita terkena berbagai masalah kesehatan yang berbahaya.