Mengapa Julia Perez Harus Melakukan Cuci Darah Saat Mengobati Penyakit Kanker?

DokterSehat.Com – Setelah dikabarkan sempat mengalami kondisi kritis dan bahkan koma, artis serbabisa Julia Perez diketahui masih belum membaik kondisi kesehatannya. Jupe bahkan dikabarkan harus melakukan cuci darah selama enam jam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa Jupe harus melakukan cuci darah padahal penyakit yang Ia derita adalah kanker serviks. Berikut adalah penjelasannya.

doktersehat-juliaperez-kanker-serviks

Pakar kesehatan dr. Resthie Rachmanta Putri, M. Epid menyebutkan bahwa cuci darah atau dalam dunia medis disebut sebagai hemodialysis biasanya dilakukan bagi mereka yang mengalami gangguan ginjal. Karena ginjal tak lagi mampu berfungsi dengan normal dalam menyaring darah dan membuang berbagai racun atau sisa metabolisme tubuh, maka cuci darah ini bisa menggantikan fungsi tersebut dan menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang sehat. Biasanya, proses cuci darah ini bisa berlangsung selama 3 hingga 5 jam.

Lantas, jika proses cuci darah ini digunakan pada mereka yang mengalami gangguan ginjal, mengapa Jupe juga harus melakukan cuci darah ini meskipun penyakit yang Ia derita adalah kanker serviks? Dr. Resthie menyebutkan bahwa kanker ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Dalam beberapa kasus yang sangat langka, kanker serviks memang bisa menyebar ke organ ginjal sehingga membuat organ ginjal ini benar-benar rusak dan tak lagi berfungsi. Bahkan, obat-obatan atau kemoterapi yang sebenarnya ditujukan untuk mengobati kanker juga bisa menyebabkan efek samping bagi fungsi ginjal untuk sementara waktu. Karena alasan inilah, cuci darah sebaiknya dilakukan hingga fungsi ginjal penderita kanker bisa pulih kembali.

Memang, belum jelas alasan mengapa Jupe harus melakukan cuci darah ini, namun, dukungan dari berbagai pihak terus mengalir bagi Jupe agar bisa segera sembuh dan kembali mengisi dunia hiburan tanah air.