Mengapa Jerawat Bisa Muncul di Vagina Wanita?

DokterSehat.Com – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling menjengkelkan bagi wanita. Jika muncul di wajah, maka jerawat tentu akan bisa merusak penampilan dan kecantikan. Jika muncul di punggung, maka punggung akan terasa sangat tidak nyaman atau bahkan terasa gatal. Yang menjadi masalah adalah, jerawat ini ternyata juga bisa muncul pada organ vital wanita. Sebenarnya, apa penyebab jerawat yang muncul pada vagina ini?

penyebab jerawat di vagina

Pakar kesehatan dr. Ni Komang Yeni DS, SpOG yang berasal dari Perkumpulan Menopause Indonesia Cabang Jakarta Raya atau PERMI JAYA menyebutkan bahwa jerawat yang muncul pada organ vital wanita ternyata disebabkan oleh keberadaan folikel rambut dan kelenjar minyak. Sebagaimana kita ketahui, organ vital wanita juga memiliki rambut kemaluan. Padahal, di bawah folikel rambut kemaluan ini juga terdapat sel lemak. Jika pertumbuhan folikel rambut ini tidak pada jalur yang sesuai, maka hal ini akan menimbulkan bisul pada area organ vital.

Selain karena folikel rambut tersebut, jerawat yang muncul pada organ vital wanita ini disebabkan oleh menumpuknya sebum atau minyak alami pada kulit. Tak hanya itu, perubahan keseimbangan hormon pada wanita seperti pada saat menstruasi juga bisa menyebabkan kemunculan jerawat ini.

Pakar kesehatan lainnya, Kecia Gaither, MD menyebutkan bahwa penyebab lain dari jerawat pada vagina yang tidak diduga adalah stress. Padahal, cukup banyak wanita yang mengalami stress akibat dari pekerjaan atau permasalahan sehari-hari dan akhirnya menyebabkan munculnya jerawat pada vagina.

Jika kaum hawa ingin mengatasi masalah jerawat pada organ vitalnya ini, mereka bisa menggunakan beberapa jenis obat-obatan seperti antibiotik. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan salep khusus yang bisa mengatasi masalah jerawat.