Mengapa Jari-jari keriput Saat Berenang

DokterSehat.Com – Saat terlalu lama berenang, coba perhatikan tekstur kulit di ujung dari Anda, baik jari tangan maupun jari kaki, apakah tampak keriput? Namun ketika Anda sudah tidak berenang lagi, kulit kembali normal lagi. Tapi tahukah Anda mengapa bisa terjadi seperti itu?

14385551908_56cda9361a_k

Berkerut (keriput) pada telapak tangan kita, ujung jari tangan dan kaki adalah karena sistem simpatik tubuh kita. Banyak yang percaya bahwa saat Anda berendam di dalam air terlalu lama, seharusnya tubuh menggembung karena tubuh menyerap air tersebut, namun tidak seperti itu kenyataannya.

Begitu juga ada yang menganalisis bahwa keriput di tangan dan kaki terjadi karena peristiwa osmosis atau keluarnya cairan di dalam tubuh kita. Namun jika memang itu adalah osmosis seharusnya tubuh Anda juga ikut mengkerut bukan? Namun ini tidak terjadi kan, dan jelas ini bukan osmosis pastinya. Keriput saat berendam di air disebabkan oleh sistem syaraf simpatik.

Sistem syaraf simpatis merupakan bagian dari sistem syaraf pusat yang bertanggung jawab atas respon lingkungan di dalam tubuh kita. Sistem ini juga mengontrol fungsi detak jantung dan tekanan darah pada tubuh. Saat Anda berada di dalam air, akan ada tekanan dari air terhadap tubuh kita. Saat itulah sistem syaraf mengatur tubuh untuk menyesuaikan diri di dalam air.

Pembuluh darah di jari tangan dan kaki akan menyempit dari sebelumnya, membatasi aliran darah ke jari tangan dan kaki sehingga volume aliran darah pada daerah tersebut menurun dari biasanya, saat itulah kulit tertarik ke dalam dan, menciptakan lipatan-lipatan seperti kerutan atau keriput.

Tangan jadi lebih kuat dan erat berpegangan pada sisi kolam yang basah dan kaki jadi lebih baik menjejak dan berjalan di dasar kolam tersebut, mengurangi risiko tergelincir atau terpeleset sih. Jadi tidak perlu khawatir dengan kondisi tubuh seperti penuaan tersebut, karena justru ini adalah cara tubuh untuk bertahan di dalam air