Mengapa Ibu Hamil Lebih Cepat Lapar?

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

DokterSehat.Com– Para bumil, apakah Anda merasakan lebih cepat lapar saat hamil? Wajar jika ibu hamil merasa lapar meskipun sudah makan dalam frekuensi yang cukup sering. Apa penyebabnya?

Penyebab ibu hamil mudah lapar

Ibu hamil umumnya mengalami kondisi mudah lapar sejak awal kehamilan hingga memasuki trimester kedua.
Hal ini terjadi karena tubuh menjadi lebih efisien dalam membagi dan mengeluarkan energi.

Dikutip dari mom junction, selama hamil perut lebih cepat kosong setelah makanan dicerna. Ketika perut kosong, dinding-dinding perut saling menempel, mengalami gesekan dan menyebabkan sensasi yang menyakitkan sehingga timbul rasa lapar.

Selain itu, ada beberapa penyebab lain dari kelaparan saat hamil antara lain:
1. Pertumbuhan bayi
Pertumbuhan bayi terjadi sangat pesat ketika memasuki trimester kedua dan ketiga. Bayi Anda butuh makanan yang baik dan cukup untuk perkembangannya. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang cukup, maka hal ini dapat membahayakan kesehatan janin.

2. Minum terlalu banyak air
Saat hamil memang Anda butuh banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Namun jika Anda minum terlalu banyak air, hal ini dapat memicu kelaparan. Minumlah air secukupnya dan jangan terlalu berlebihan.

3. Makan makanan pedas
Bagi Anda penyuka makanan pedas, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak karena dapat menyebabkan lapisan di perut terluka dan menyebbakan sakit fisik.

4. Tidak mengunyah makanan dengan benar
Tidak mengunyah makanan dengan benar dapat menyebabkan gangguan masalah pencernaan selama kehamilan dan membuat Anda merasa cepat kenyang, namun lebih cepat lapar.

Cara mengatasi lapar di malam hari

Umumnya ibu hamil merasa lebih depat lapar di malam hari. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menerapkan makan dalam jumlah sedikit namun sering. Selain itu hindari mengonsumsi buah yang memiliki rasa asam sebelum tidur.

Saat terjaga di tengah malam karena lapar, pilih makanan sehat yang dapat memenuhi rasa lapar. Anda bisa minum susu, teh herbal, sereal, atau roti gandum.