Mengapa Ibu Hamil Dianjurkan Mengkonsumsi Air Kelapa?

DokterSehat.Com – Setiap pasangan yang mendapati kehamilan tentu akan berusaha sebaik mungkin menjaga kesehatan kehamilannya. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga asupan makanan sehari-hari sang ibu hamil sehingga kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung bisa terjaga dengan maksimal. Seringkali kita mendengar saran dari orang tua untuk mengkonsumsi beberapa makanan tertentu layaknya sayuran atau buah-buahan. Namun, ada sebuah kepercayaan yang turun-temurun diyakini olah banyak orang tua dimana ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi air kelapa. Apakah kepercayaan ini memang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan ibu hamil?

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika air kelapa memang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Tercatat ada setidaknya empat faedah yang dirasakan ibu hamil jika mengkonsumsinya. Yang pertama adalah ibu hamil yang meminum air kelapa ternyata akan terhidrasi dengan baik yang tentu akan berimbas positif bagi kesehatan kehamilannya. Selain bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, air kelapa ternyata bisa membuat volume darah mengalami peningkatan.

Ibu hamil yang mengkonsumsi air kelapa ternyata juga bisa mendapatkan faedah dimana Ia akan lebih baik dalam mengendalikan berat badannya. Tahukah anda, air kelapa ternyata memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang sangat rendah sehingga ancaman diabetes gestasional saat hamil pun bisa menurun dengan drastis. Selain itu, dengan mengkonsumsi air kelapa, maka ibu hamil akan mencegah dirinya terkena masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Air kelapa ternyata bisa memberikan efek relaksasi sehingga tekanan darah ibu pun akan cenderun normal.

Air kelapa ternyata memiliki banyak kandungan elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik, kandungan mineral layanya kalsium, kalium, hingga natrium yang banyak ditemui pada air kelapa bisa berimbas pada semakin bugarnya ibu hamil dan perkembangan janin pun akan terjaga dengan baik. Dengan adanya fakta-fakta ini, memang benar adanya kepercayaan masyarakat dimana ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi air kelapa.