Mengapa Ibu Hamil Bisa Mengalami Kram Pada Kakinya?

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang kerap melanda ibu hamil adalah kram kaki. Biasanya, kram kaki ini sering muncul pada trimester kedua dan ketiga. Saat kram ini muncul, ibu bisa mengalami rasa nyeri pada betis, paha, dan juga kedua kakinya, khususnya di malam hari. Pakar kesehatan yang berasal dari Departemen Kesehatan Genetik dan Kandungan yang ada di Mayo Clinic College of Medicine bernama Myra Wick, M.D, Ph.D menyebutkan jika hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kram kaki saat hamil. Hanya saja, sebagian pakar kesehatan menduga jika hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon atau berat badan yang naik saat hamil. Agar ibu hamil tidak mudah terkena masalah kram kaki ini, ada baiknya mereka melakukan hal-hal berikut ini:

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Tetap aktif
Meskipun dalam kondisi hamil, ada baiknya pakar kesehatan tetap aktif dalam melakukan aktifitas fisik. Dengan melakukannya, ibu hamil bisa mencegah kram kaki dengan efektif.

Melakukan peregangan sebelum tidur
Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk selalu melakukan peregangan pada kakinya sebelum tidur demi mencegah kram kaki ini. Ibu hanya perlu berdiri sambil berpegangan pada dinding dan menggerakkan kedua kakinya secara bergantian selama 30 detik. Teknik peregangan lain yang bisa dilakukan adalah dengan duduk dan memposisikan kaki lurus ke depan. Kaki kemudian bisa digerakan ke depan dan ke belakangan beberapa kali.

Menjaga asupan air putih
Dengan menjaga asupan air putih, maka ibu hamil membuat otot tetap terhidrasi dengan baik dan hal ini ternyata bisa membantu mencegah datangnya kram kaki.

Menggunakan alas kaki yang tepat
Saat hamil, kaki ibu bisa mengalami pembengkakan atau kurang nyaman saat menggunakan alas kaki tertentu. Pilihlah alas kaki yang mampu menopang tumit sehingga bisa nyaman digunakan untuk berjalan sekaligus mencegah datangnya kram pada kaki.