Mengapa Hipertensi Sangat Berbahaya?

DokterSehat.Com – Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi di Indonesia termasuk cukup tinggi. Sayangnya, meskipun banyak masyarakat yang sudah mengerti resiko dari penyakit tekanan darah tinggi ini, sekitar 60 persen dari penderita hipertensi justru tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit ini dan bahkan lebih dari 80 persen penderita hipertensi justru tidak melakukan gaya hidup yang baik untuk mengendalikan tekanan darahnya. Hal inilah yang memicu cukup tingginya resiko hipertensi menjadi “silent killer” atau pembunuh diam-diam.

doktersehat-hepatitis-puasa

Jika kita membiarkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh, tanpa sadar kita akan mengalami stroke, serangan jantung, atau bahkan mengalami gagal ginjal. Bagi organ ginjal yang memiliki fungsi utama menyaring darah dalam tubuh, tekanan pada darah yang tinggi dapat membuat pembuluh darah pada organ ini bekerja sangat keras dan pada akhirnya mengalami kerusakan dan membuat fungsinya menurun atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Sementara itu, tekanan darah tinggi yang dibiarkan begitu saja juga beresiko membuat pembuluh darah yang berada pada otak pecah. Jika pembuluh darah pada bagian ini pecah, otak pun akan mengalami kekurangan darah dan oksigen sehingga bisa mendapatkan stroke.

Gagal ginjal dan juga stroke adalah termasuk penyakit yang sangat mematikan bagi manusia sehingga kita pun diminta untuk waspada jika sudah mengalami gejala terkena tekanan darah tinggi. Jika kita memiliki gejala layaknya sakit kepala, jantung yang berdegup kencang dalam waktu yang lama, mudahnya merasa lelah, kesulitan dalam pernafasan, hingga gangguan pada penglihatan, maka kita harus memeriksakan kondisi tekanan darah kita ke dokter terdekat. Jika memang tekanan darah kita melebihi tekanan darah normal, yakni 140/90 mmHg, maka kita pun harus melakukan perubahan gaya hidup yang lebih baik agar tekanan darah dalam tubuh bisa menurun dan mudah untuk dikendalikan. Selain menjaga pola makan, kegiatan olahraga secara rutin juga diyakini bisa menjadi solusi menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga kita pun tidak akan mudah terkena gangguan kesehatan bertipe “silent killer”.