Mengapa Denyut Jantung Bisa Meningkat Saat Berolahraga?

doktersehat-olahraga-sesak-nafas

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang akan dirasakan oleh tubuh saat melakukan olahraga adalah meningkatnya denyut jantung dengan signifikan. Semakin tinggi intensitas olahraga, semakin tinggi pula denyut jantung tersebut. Sebenarnya, apa sih penyebab meningkatnya denyut jantung saat berolahraga?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meningkatnya denyut jantung ini disebabkan oleh kebutuhan oksigen pada otot yang juga ikut meningkat akibat dari melakukan aktifitas fisik. Otot membutuhkan cukup banyak oksigen agar bisa berkontraksi dan melakukan berbagai gerakan. Oksigen ini kemudian didapatkan dari sel-sel darah merah yang mengalir hingga otot. Karena kebutuhan oksigen ini meningkat, maka jantung pun akan bekerja dengan lebih keras demi memenuhi kebutuhan oksigen tersebut.

Tak hanya membuat denyut jantung menjadi lebih tinggi, melakukan olahraga juga akan membuat suhu tubuh ikut meningkat dan nafas pun akan menjadi lebih cepat karena tingginya jumlah oksigen yang dibutuhkan. Kondisi ini pun akan membuat darah terus dialirkan ke bagian kulit dengan tujuan mendinginkan suhu tubuh sehingga jantung juga akan bekerja dengan lebih keras.

Penelitian yang dilakukan di University of Texas menyebutkan bahwa olahraga membuat kita kehilangan jumlah cairan di dalam tubuh dengan cepat melalui keringat. Hal ini ternyata juga akan membuat jantung memompa darah menuju ke arah kulit dengan lebih keras demi menjaga tubuh tetap dalam kondisi dingin dan mencegah dehidrasi.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga agar jantung bisa menyesuaikan diri dengan kondisi bekerja keras saat melakukan latihan fisik. Setelahnya, kita juga sebaiknya selalu melakukan pendinginan terlebih dahulu. Jangan pernah lupa untuk mengkonsumsi air dengan cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik setelah berolahraga.